Cara Memeriksa Penggunaan Data di Android

Cara Memeriksa Penggunaan Data di Android - Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan cara memeriksa atau memantau penggunaan data di Android. Bahkan jika Anda memiliki paket data tak terbatas, Anda masih dapat dengan mudah memantau semua data berkecepatan tinggi Anda menonton video HD, YouTube, atau Netflix. Saya juga akan menjelaskan cara mengatur pengingat dan batas agar semuanya berjalan sesuai rencana.


Alat pemantauan data Android semuanya biasanya berada di tempat yang sama. Apakah Anda memiliki Samsung Galaxy terbaru, Google Pixel 2, atau yang lainnya. Meskipun operator mengklaim bahwa penggunaan data meter pada perangkat Android tidak sepenuhnya akurat, jumlahnya biasanya cukup dekat untuk memastikan Anda tidak melampaui batas Anda.

Ada beberapa cara berbeda untuk memantau penggunaan data di Android, dan beberapa operator seperti Smartfren memiliki aplikasi khusus untuk itu. Namun, menggunakan alat yang ada di dalam ponsel adalah cara termudah.

  • Buka menu Pengaturan Android
  • Pilih Jaringan & Internet (atau Koneksi di perangkat Samsung)
  • Kemudian ketuk pada Penggunaan Data

Di sini Anda akan melihat semua jenis informasi penting. Penggunaan data Anda secara keseluruhan tepat di atas untuk kenyamanan. Di bawah ini adalah mode penghemat data, lalu kontrol seluler ekstra. Pilih Penggunaan Data Aplikasi untuk melihat rincian setiap aplikasi dan berapa banyak data yang digunakan. Ini adalah cara yang baik untuk menangkap masalah apa pun, atau aplikasi yang berperilaku tidak semestinya. Atau, Anda akan melihat Anda terlalu banyak menonton YouTube dan perlu memperlambatnya.

Perlu dicatat bahwa siklus tagihan bulanan Anda mungkin tidak dimulai pada hari pertama bulan ini. Jika tidak, ketuk pada peringatan & batas data dan atur "siklus penggunaan data aplikasi" Anda. Ini memungkinkan Anda mengubah tanggal awal dan akhir untuk menyesuaikan rencana ponsel Anda.

Cara Menetapkan Batas & Batas Data di Android
Selanjutnya, saya akan menunjukkan kepada Anda cara menetapkan peringatan dan batas untuk mencegah biaya dan biaya lebihan. Jika Anda atau anggota keluarga terus melampaui batas paket data, tetapkan peringatan atau bahkan batas penggunaan data. Di menu Pengaturan> Jaringan & Internet> Penggunaan Data yang disebutkan sebelumnya, ikuti langkah-langkah dan gambar di bawah ini.

  • Di menu Penggunaan Data, ketuk pada Peringatan & batas data
  • Pilih siklus penggunaan data penggunaan yang benar mulai / akhir hari dalam sebulan
  • Balik tombol Set Data Warning ke ON
  • Kemudian, ketuk pada peringatan Data dan pilih tingkat peringatan Anda
Menambahkan peringatan penggunaan data adalah cara yang baik untuk mencegah biaya lebihan. Jika Anda memiliki paket data bulanan 5GB, atur untuk sesuatu seperti 2-3GB. Dengan begitu Anda tahu kapan Anda telah menggunakan sekitar separuh dari rencana Anda di bulan tertentu, dan kapan harus mengurangi. Atau, ketuk "Setel batas data" dan pilih sesuatu seperti 4.5GB. Dengan cara ini telepon akan secara otomatis mematikan akses data agar Anda tidak menggunakan terlalu banyak.

Pada versi Android yang lebih lama (seperti Android 5.0 Lollipop), Anda dapat menurunkan bilah notifikasi dan mengetuk dan menahan logo AT & T atau 4G LTE. Ini langsung membawa Anda ke layar data untuk melihat cepat penggunaan data Anda.

Sekarang Anda tahu cara cepat memeriksa penggunaan data di Android. Atau, atur hal-hal seperti pengingat, peringatan, atau batas untuk mencegah biaya kelebihan penggunaan yang tidak disengaja.