Cara Melakukan Print Dokumen dari Android atau Tablet

Cara Melakukan Print Dokumen dari Android atau Tablet - Perangkat Android memang dapat melakukan segalanya mulai menyimpan musik, dokumen dan bahkan untuk saat ini Anda bisa melakukan print dokumen melalui Android.


Jika Anda tidak memiliki printer yang mendukung Wi-Fi? Itu tidak berarti Anda tidak dapat mencetak secara nirkabel. Bahkan, Google telah menciptakan cara untuk menghubungkan printer Anda dengan akun Chrome dan ponsel Anda untuk bergerak dan mencetak dengan mudah. Penyiapannya dapat sedikit membingungkan, jadi saya telah mengumpulkan panduan bermanfaat yang akan membantu Anda untuk melakukan print dari Android atau Tablet.

Menghubungkan ke Google Cloud Print
Jika sebagian besar printer mampu mencetak melalui Bluetooth, Wi-Fi, atau metode cepat lainnya, tidak semua orang memiliki printer yang mendukung ini. Dan beberapa seperti ide menjalankannya melalui cloud. Di situlah letak Google Cloud Print. Dengan mendaftarkan printer Anda, Anda dapat menghubungkannya ke internet. Dari sana, Anda dapat mengoperasikannya dari mana saja selama Anda memiliki akses koneksi internet yang baik. Anda kemudian dapat mencetak dari ponsel atau perangkat tablet.

Ingatlah bahwa sebagian besar printer mampu bekerja melalui Google Cloud Print, dan ada juga beberapa yang tidak bisa. Untuk itu Anda dari bisa mencoba mencari tahu, daftar printer yang berfungsi dengan Cloud Print.

  1. Buka Google Chrome di komputer Anda.
  2. Masuk ke Google Chrome jika Anda tidak masuk secara otomatis.
  3. Klik tombol Menu (diwakili oleh ikon yang menunjukkan tiga garis horizontal atau tiga titik kecil jika Anda menjalankan Chromebook) di sudut kanan atas jendela.
  4. Pilih Pengaturan.
  5. Klik Tampilkan pengaturan lanjutan.
  6. Gulir ke bawah ke bagian Google Cloud Print dan klik Kelola.
  7. Klik Tambahkan Printer
  8. Anda akan dibawa ke daftar pendek dari semua printer yang tersedia. Cukup periksa yang ingin Anda tambahkan, klik Tambah Printer.
Cara Mencetak dari Android atau Tablet
Beberapa ponsel hadir dengan Google Cloud Print yang sudah ada di dalam perangkat lunak. Jika itu masalahnya, jangan khawatir tentang unduhan. Jika ponsel Anda tidak menyertakan aplikasi, Anda bisa mendapatkannya di sini.

Setelah Anda memiliki Google Cloud Print, Anda tidak perlu menjalankan aplikasi itu sendiri untuk mencetak. Anggap saja seperti add-on ke perangkat lunak ponsel Anda. Sangat mudah setelah Anda menguasainya. Pastikan,  bahwa akun Google yang terhubung dengan ponsel Anda adalah akun yang sama yang Anda gunakan di Google Chrome pada langkah sebelumnya.

  1. Buka dokumen yang ingin Anda cetak (ini bisa apa saja dari dokumen Google Drive hingga gambar yang disimpan di ponsel Anda).
  2. Pilih tombol Menu (tiga titik di sudut kanan atas).
  3. Klik Cetak, dan itu akan membawa Anda ke halaman baru.
  4. Klik panah bawah yang duduk tepat di sebelah kanan Save as PDF.
  5. Pilih printer yang ingin Anda cetak. Jika Anda tidak dapat menemukannya dari kelelawar, klik Semua printer ... untuk mendapatkan daftar setiap printer yang Anda hubungkan.
  6. Setelah Anda siap, klik tombol cetak (lingkaran biru muda yang terlihat seperti printer).

Mencetak Halaman Web dan Pesan Gmail

Anda bahkan dapat mencetak halaman web dan pesan Gmail melalui Google Cloud Print. Prosesnya hampir sama, jadi Anda tidak akan kesulitan mencari tahu.

  1. Buka Gmail atau Google Chrome.
  2. Ketika Anda menemukan halaman yang ingin Anda cetak, pilih tombol Menu (tiga titik).
  3. Daftar opsi akan turun. Pilih Cetak.
  4. Ini akan membawa Anda langsung ke halaman pencetakan, di mana Anda dapat memilih printer yang tepat.
  5. Klik Cetak saat Anda sudah siap.

Demikian cara sederhana untuk melakukan print melalui Android atau Table. Jika artikel ini bermanfaat mohon untuk melakukan share.