Cara Masuk Recovery Mode Pada Android

Cara Masuk Recovery Mode Pada Android - Recovery mode berfungsi  untuk melakukan pengaturan seperti riset, menghapus data utama, upgrade dan manual root pada android. Sebenarnya untuk masuk ke dalam menu recovery mode untuk setiap ponsel hampir sama saja, hanya saja berbeda pada tombol navigasinya. Maka dari itu saya akan membagikan sedikit cara untuk masuk recovery mode pada android. Akan tetapi sebelum saya membahas cara masuk recovery mode saya akan menjelaskan dahulu fungsi tombol yang nantinya akan digunakan pada saat sudah di dalam recovery mode.

  • Tombol Power berfungsi pada recovery mode berfungsi sebagai tombol select/enter atau digunakan sebagai tombol pilih.
  • Tombol Volume Up (+) pada recovery mode berfungsi sebagai navigasi scroll ke atas.
  • Tombol Volume Down (-) berfungsi sebagai navigasi ke bawah.


Berikut adalah cara masuk recovery mode pada beberapa jenis android.

1. Samsung
Untuk masuk ke dalam recovery mode Hp Samsung kalian cukup dengan menekan Tombol Home + Tombol Power dan Tombol Volume Up (+).

2. Xiaomi
Untuk pengguna Xiaomi terbagi menjadi dua yaitu untuk Xiaomi Mi Series dan Xiaomi Redmi Series. Untuk Mi Series kalian cukup menekan Tombol Power + Tombol Volume Down (-). Sedangkan untuk Redmi Series kalian cukup menekan Tombol Power + Volume Up (+). Untuk Hp Xiaomi sendiri waktu pertama masuk recovery mode biasanya disuruh memilih bahasa, pilihlah bahasa sesuai kalian lalu tekan Tombol Power.

3. Asus
Untuk keluarga Asus Zenfone (3, 4, 5, 6) kalian cukup menggunakan Tombol Power + Volume Up (+). Sedangkan untuk versi Asus lainnya kalian cukup menekan Tombol Power + Tombol Volume Down (-).

4. Sony Xperia
Untuk masuk recovery mode hp ini sedikit berbeda dengan yang lain. Pertama kalian cukup menekan Tombol Power sampai Hp Sony mulai hidup tekan Tombol Volume Up (+) secara berulang kali.

5. Oppo
Untuk masuk recovery mode Hp Oppo sama saja kalian cukup menekan Tombol Power + Volume Down (-) kalian sudah dapat masuk ke recovery mode.

6. Vivo
Untuk masuk recovery mode Vivo terbagi menjadi 2 cara. Cara yang pertama adalah dengan menekan Tombol Power + Volume Down (-). Sedangkan cara keduanya adalah dengan menekan Tombol Home + Tombol Power + Tombol Volume Down (-).

7. Smartfren Andromax
Untuk masuk recovery mode smartfren kalian cukup menekan Tombol Home + Volume Down + Tombol Power secara bersamaan.

Demikian berbagai cara untuk masuk recovery mode pada android. Jika Android kalian sudah root, kalian juga bisa menggunakan Quick Boot untuk masuk recovery mode.