Cara Masuk Recovery Mode dan Safe Mode Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Cara Masuk Recovery Mode dan Safe Mode Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus -  Dalam kesempatakan kali ini saya akan menunjukan cara untuk masuk recovery mode dan safe mode Samsung Galaxy S9. Mode ini biasanya bermanfaat untuk mengatasi atau memperbaiki masalah.

Samsung Galaxy S9 dan S9 + adalah dua ponsel yang bisa dibilang mengesankan, akan tetapi mereka tidak sempurna. Jika kalian mengalami masalah atau mencoba mengembalikan file dengan SmartSwitch, kalian dapat menggunakan mode ini.


Cara Masuk ke Recovery Mode Pada Samsung Galaxy S9 dan S9+.
Untuk masuk recovery mode pada Galaxy S9 dan S9+, kalian harus mematikan ponsel terlebih dahulu. Kemudian, tahan dan kombinasikan dengan tombol tertentu. bacalah seluruh prosesnya agar tidak terjadi kesalahan.

  • Tekan dan tahan Tombol Power dan matikan Galaxy S9 kalian. 
  • Setelah mati tekan dan tahan Tombol Bixby, Volume Up, dan Tombol Daya. 
  • Ketika layar tiba pada Tombol Power, kalian harus tetap menekan Tombol Bixby dan Volume Up. Jika layar ponsel kalian sudah berwarna biru kalian boleh untuk melepaskan sisa tombol tadi dan tunggu boot sebentar. 

Ketika Ponsel tidak menerima perintah atau file apapun, maka ponsel akan masuk ke recovery mode. Atau, tekan Tombol Bixby untuk menuju ke recovery mode. Jika kalian sudah masuk recovery mode kalian hanya bisa menggunakan tombol Volume sebagai navigasi atas-bawah.

Sedangkan untuk tombol enter (pilih) kalian bisa menggunakan Tombol Power. Pada step ini kalian harus hati-hati karena jangan sampai kalian salah memilih pengaturan ulang pabrik yang menyebabkan ponsel anda menghapus seluruh data.

Setelah masuk recovery mode, kalian dapat menerapkan file pembaruan dari ADB atau kartu SD menggunakan instruksi dari situs populer seperti pengembang XDA. Jika kalian tidak tau menau soal ADB sebaiknya jangan mengutak-atik kontrol ini.

Alasan paling populer untuk masuk ke recovery mode adalah menghapus partisi cache. Ini berfungsi untuk membersihkan file sementara (seperti unduhan besar dan pembaruan terkini) dan akan menghapus file pembaruan Andoid 8.0 (Oreo) yang lama. Menghapus cache pada recovery mode adalah cara terbaik untuk mengosongkan ruang dan memperbaiki masalah kecil.

Cara Masuk Download Mode Pada Samsung Galaxy S9 dan S9+
Selanjutnya, saya akan menjelaskan cara masuk download mode yang menggunakan metode yang serupa tetapi untuk alasan yang berbeda. Perbedaan yang dimaksud adalah kalian menggunakan tombol Volume Down bukan Volume Up lagi, dan langsung bisa melepaskan seluruh tombol sekaligus.
Berikut ini adalah cara masuk Download Mode pada Samsung Galaxy S9 dan S9+.

  • Tekan dan tahan Tombol Power Galaxy S9 kalian sampai ponsel dalam kondisi mati.
  • Setelah ponsel mati, tekan dan tahan Tombol Bixby, Volume Down, dan Tombol Power.
  • Setelah ponsel melakukan boot langsung kalian lepas seluruh tombol tadi.
  • Tekan Volume Up untuk masuk ke mode unduhan, kemudian flash file dengan menggunakan Odin atau SmartSwitch. 
Proses ini menggunakan kombinasi tombol yang berbeda, tetapi untuk alasan yang bagus. Download mode berbeda dengan recovery mode, karena itu yang akan kalian gunakan untuk mengunduh, flash dan menginstal perangkat lunak baru ke Galaxy S9. Perhatikan juga bahwa pembaruan itu otomatis, jadi kalian jarang (tidak pernah) menggunakan download mode.

Download mode biasanya digunakan untuk melakukan flash perangkat lunak terbaru dan memperbaiki ponsel yang rusak menggunakan alat Odin Samsung. Pengguna juga dapat mem-flash file dengan Samsung Smartswitch, atau menggunakan mode DL untuk melakukan peretasan, mod, dan perangkat lunak khusus.

Cara Masuk Safe Mode Pada Samsung Galaxy S9 dan S9+.
Safe mode biasanya digunakan untuk mendiaknosis suatu masalah pada ponsel yang tidak semestinya. Dengan masuk safe mode, perangkat kalian akan menyala dengan semua aplikasi pihak ketiga dinonaktifkan. Langsung saja cara masuk safe mode pada Samsung Galaxy S9 dan S9+.
  • Tekan dan tahan Tombol Power sampai ponsel mati.
  • Setelah ponsel mati, tekan Tombol Power sampai muncul nama model S9.
  • Ketika muncul tulisan Samsung, langsung kalian lepaskan Tombol Power.
  • Selanjutnya, kalian tekan dan tahan Tombol Volume Down.
  • Tahan sampai ponsel anda dimuat ulang sepenuhnya.
  • Selanjutnya, kalian akan melihat safe mode pada pojok kiri bawah layar.
  • Jika kalian sudah melihat safe mode, lepaskan Tombol Volume Down tadi.
Untuk keluar dari safe mode kalian cukup menekan Tombol Power dan tekan restart seperti biasa.