[Tutorial] Android Sample Notification

Assalamualaikum Warahmatullah. Halo temen-temen. balik lagi bersama saya Ramadhany si programmer ganteng.  HeHeHe. Nah guys kali ini saya akan membagi tutorial tentang "Android Sample Notification". Sebelum masuk ke tutorialnya, saya akan menjelaskan tentang notifikasi.




Apa itu Notifikasi? Notifikasi adalah fitur yang paling banyak di gunakan pada aplikasi untuk memberikan informasi kepada si user. Notifikasi dapat di kirimkan jika terdapat sesuatu yang penting untuk di sampaikan kepada user. Notifikasi dapat di tampilkan sebagai platform dan sistem operasi. Oke Temen-temen semua.. Langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

Pertama

Buatlah project baru, berilah nama project dengan "Android Sample Notification". Setelah itu klik Finish, dan tunggu sampai proses gradle selesai.

Kedua

Buka file layout activity_main.xml, mari kita buat tampilan aplikasi nya terlebih dahulu, teman-teman semua tambahkan 3 buah widget, yaitu 2 buah editText dan 1 buah Button.

Ketiga

Setelah kita tadi sudah membuat tempilan aplikasi notifikasi nya, Sekarang kita buat kode di file java. Silahkan buka file MainActivity.java dan ikuti code berikut :


Pada code di atas, terdapat PedingIntent yang fungsinya adalah memberikan tujuan ketika notifikasi di klik. Pada kode di atas kita atur menjadi auto cancel ketika notifikasi di klik. Berikut ini adalah hasil Run Aplikasi yang sudah kita semua buat.



Dan bagi teman-teman semua yang ingin download project nya. Bisa langsung kunjungi github saya dengan klik link di bawah ini


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bila ada yang ingin di tanyakan.. Silahkan hubungi saya melalui kontak di bawah ini

Wa    : 081322579702
Fb     : Ramadhany As-Salafy
Ig      : rama_railfans22

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan pada hari ini.... Semoga bisa bermanfaat bagi saya dan kita semua Amin... Apabila ada kesalahan kata mohon di maafkan... Karena kesalahan itu datang nya dari Syaitan dan Kebaikan itu datang nya dari Allah Ta'ala... Sekaian Dari saya Wasslamualaikum Warahmarullah