[Teori] Mengenal Android Material Design (Android Lollipop 5.0)

Assalamualaikum temen-temen... Kembali lagi bersama saya Ramadhany si programmer ganteng hehe.... Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian "Android Material Design". Mau tau apa pengertian Android material design? Yuks langsung baca saja artikel nya di bawah ini.

Tutorial Belajar Android


Andorid Material Design adalah suatu design  UI/UX Aplikasi yang baru untuk aplikasi android yang dikenalkan empat tahun yang lalu yaitu pada google I/O 2014. Lalu di susul dengan di luncurkan nya Android lollipop sekagligus SDK L versi 21 ada bulan agustus tahun 2014. Android material design dikenal dari designnya yang tampak seperti papper.

Material Design memungkinkan kita untuk membuat aplikasi yang kaya akan animasi dan mempunyai UI/UX yang menarik. Desain baru ini membuat aplikasi Android sekarang tidak kalah bagusnya dengan aplikasi iOS di iPhone. 

Android Material saat ini baru bisa dinikmati di Android versi terbaru, yaitu Lollipop 5.0. Adapun smartphone yang sudah mempunyai atau mendapat update OS Android 5.0 antara lain adalah Nexus series (karena memang merk dari Google), dimulai dari Nexus 4, Nexus 5 hingga Nexus 10. Walaupun begitu, beberapa aplikasi-aplikasi buatan Google sudah mulai diupdate menggunakan Material Design yang bisa dinikmati di baik Lollipop devices maupun non-Lollipop devices. Aplikasi2 tersebut diantaranya adalah GMail, Google Maps, dan YouTube.

Sedangkan untuk development-nya, Google telah merilis  support library AppCompat 21+  yang memungkinkan kita membuat aplikasi menggunakan Material Design pada devices yang belum menggunakan OS 5.0 Lollipop. Walaupun tidak semua Material element sudah di-backport pada support library tersebut. Beberapa element seperti animasi, dan ripple drawable belum tersedia pada support library AppCompat 21.

Material Design juga membawa perubahan UI/UX baru ke beberapa elemen dasar di Android, seperti Spinner, EditText (TintedEdittext), Switch, Button, CheckBox, ProgressBar dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah contoh gambar Android Material Design



Jadi bagaimana? sudah mengerti pengertian dari Android Material Design.. Kalo sudah faham berati tinggal kita menuju ke tutorial nya. Penasaran kan? Tunggu tutorialnya akan segera di buat :) 

Sekian dari saya, apabila ada kesalahan kata atau ada kalimat yang kurang enak di baca mohon di maafkan, karena kesalahan itu datangnya dari Syaitan dan kebenaran itu datangnya Dari Allah Ta'ala. Selebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum Warahmatullahh