Mengenal Macam-Macam Jenis Layout Di Android Studio

Mengenal Macam-Macam Jenis Layout Di Android Studio





Assalamualaikum Warahmatulllah.... Halo kawan-kawan..... Balik lagi bersama ane Ramadhany Si Programmer Ganteng.... Nah, sekarang ane mau berbagi ilmu tentang "Mengenal Jenis Layout Android Studio"..... Mau tau layout apa saya yang ada di android studio... Yuk, langsung aja kita ikuti penjelasan di bawah ini.....



Pengertian Layout Pada Android Studio

Layout yakni untuk mengatur tata letak suatu komponen pada pemrograman android, diperlukan sebuah file XML. File XML tersebut digunakan untuk mengatur antarmuka aplikasi android seperti komponen teks, tombol, dan sebagainya. Untuk meletakkan komponen-komponen tersebut diperlukan sebuah cara agar komponen yang dibuat sesuai dengan keinginan dan rapi. Cara yang digunakan untuk mengatur tata letak yaitu menggunakan layout. File XML untuk membuat antarmuka tersebut diletakkan pada project_android -> res -> layout.


Jenis-Jenis Layout Pada Android Studio

Ada beberapa jenis layout yang dapat digunakan pada android antara lain Relative Layout,
Linear LayoutGrid Layout, dan sebagainya.

  • Relative Layout

    Relative Layout merupakan sebuah layout dimana posisi dari sebuah komponen dapat diatur terhadap komponen lainnya. Misalnya tombol “OK” posisinya berada dibawah “EditText”, kemudian tombol “cancel” posisinya berada di sebelah kanan tombol “OK” dan dibawah “EditText”. Intinya, saling berkaitan antara posisi satu tombol  dengan yang lain.

  • Linear Layout

    Linear Layout merupakan layout yang memberikan susunan tata letak komponen secara garis
    lurus baik vertikal maupun horizontal. Gambar 2 menunjukkan model orientasi LinearLayout.


  • Table Layout

    Table Layout merupakan layout yang memberikan susunan tata letak komponen berdasarkan susunan tabel (baris dan kolom) mirip dengan struktur table pada HTML.

  • Frame Layout

    Frame Layout merupakan layout yang memberikan susunan tata letak komponen yang bertumpuk.


  • Absolute Layout

    Absolute Layout merupakan layout yang memberikan susunan tata letak komponen berdasarkan posisi koordinat X dan Y. Pada versi Android terbaru, AbsoluteLayout Tidak digunakan lagi (deprecated).

  • Scroll View
    Dalam pengembangan aplikasi android biasanya sering terkendala dengan ukuran tampilan layar. Konten yang ingin dimasukkan cukup banyak sehingga layar tidak dapat menampilkannya dalam satu layar. ScrollView digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Pasti sudah tidak asing lagikan dengan Scroll View ini?
  • Kombinasi Layout
    Beberapa layout yang telah dijelaskan sebelumnya juga dapat dikombinasikan. Kombinasi
    layout tersebut bertujuan agar antarmuka yang dibangun menjadi lebih bagus dan sesuai dengan
    keinginan. Kombinasi layout dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan antarmuka.


Nah.... Itulah penjelasan tentang layout pada android studio... Sekarang kalian sudah tau kan macam-macam layout pada android studio??... Terima kasih telah mengunjungi blog saya... Semoga Bermanfaat bagi kita semua... AMIN...
Apabila ada kesalahan pengetikan kata mohon di maafkan... Karena saya masih dalam tahap pembelajaran... Bila ada pertanyaan silahkan komentar....
Sekian dari saya.... Wassalamualaikum Warahmatullah.... 😂😂