Vaksin


  Vaksin ? Apa itu vaksin ? Bagaimana cara kerjanya didalam tubuh ? mungkin untuk sebagian orang vaksin hanya dilakukan kepada bayi atau balita dengan maksud agar kekebalan tubuhnya lebih bagus. Padahal vaksin juga dibutuhkan atau diperlukan bagi orang dewasa dalam beberapa periode. Karena dengan menerima vaksin kita tidak hanya melindungi diri sendiri dari berbagai penyakit tetapi juga ikut mencegah penyebarannya yang akan semakin meluas.
  Dibawah ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian vaksin, dan jenis-jenis vaksin.
Pengertian Vaksin
  Vaksin sendiri adalah sediaan biologis yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap beberapa penyakit tertentu. Vaksin sendiri biasanya mengandung agen yang tentunya menyerupai mikroorganisme penyebab penyakit, dibuat dari mikroba yang terlebih dahulu dilemahkan atau toksin atau juga salah satu protein permukaan virus ataupun bakteri. Vaksin sendiri akan merangsang sistem kekebalan tubuh agar bisa lebih mengenali bahan tersebut sebagai benda asing kemudian tubuh akan mengenali bahan tersebut sebagai benda asing yang masuk dalam tubuh dan tentunya akan dihancurkan.
  Produk vaksin adalah senyawa yang kompleks, tidak bisa dicari secara untaian molekulnya. Vaksin sendiri mempunyai beberapa. Produk Vaksin ini kegunaannya tentunya untuk mencegah terjadinya penyakit dan penggunaannya tidak hanya ke bayi yang baru lahir akan tetapi terhadap orang dewasa juga sering dilakukan vaksinasi.
  Di indonesia sendiri ada 4 jenis vaksin yang wajib penggunaannya atau wajib diterima diantaranya adalah :
1. Hepatitis B
  Vaksin ini sangat wajib kepada anda yang bekerja dirumah sakit, sering bergunta-ganti pasangan, pengguna narkoba, dan penyuka sesama jenis. Di indonesia penyakit ini penyebarannya sangat tinggi dan akan menyerang organ hati. Pemberian vaksin hepatitis b ini adalah tiga dosis dimana jarak antara pemberian dosis pertama dan kedua adalah sebulan dan jarak pemberian dosis kedua dengan ketiga berjarak dua bulan.
2. BCG
  Jenis vaksin ini adalah agar anda terhindar dari penyakit TBC dan pemberiannya dilakukan hanya sekali saja. Semua orang akan menerima manfaatnya apabila telah divaksin bcg ini. Orang dewasa pun bisa menerima vaksin bcg ini dengan syarat tidak pernah menerimanya sewaktu masih kanak-kanak, tidak terkena penyakit tbc dan tidak menderita penyakit tumor.
3. Polio
  Penyakit polio ini merupakan penyakit yang menular. Menyerang sistem saraf dalam tubuh dan bisa mengakibatkan kelumpuhan pada penderitanya. Vaksin jenis ini diberikan ketika anda masih berusia 0-6 bulan dengan kadar empat dosis dengan dua dosis vaksin booster. Apabila pada waktu kanak-kanak hanya menerima dua kali dosis saja maka diwaktu dewasa anda wajib melakukannya lagi sampai tahapan vaksin selesai.
4. MMR
  Vaksin jenis ini diberikan agar anda terhindar dari penyakit campak dan gondong. Penyakit jenis ini sangat mudah menular makannya anda wajib menerima vaksin jenis ini.