Waspada Saos Berbahan Baku Cabai dan Tomat Busuk


  Saos ? Siapa sih yang tidak mengetahui saos. Makan Bakso akan terasa hambar apabila tidak ditambahkan dengan saos. Namun, jangan salah dalam menggunakan atau mengkonsumsi saos harus lebih berhati-hati. Karena tidak jarang para pedagang atau pembuat saos ini menggunakan bahan baku yang sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Bisa Tomat atau Cabai nya yang memang sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.
  Selain bahan bakunya yang tidak layak, bahkan proses produksinyapun kebanyakan tidak dengan proses higienis. Lingkungan yang tidak higienis bahkan prosesnya pun tidak diblender akan tetapi diinjak-injak langsung dengan kaki. Oleh sebab itu kita wajib waspada karena apabila kita mengkonsumsi saos yang seperti itu bisa mengakibatkan penyakit yang berbahaya karena bahan bakunya saja sudah tidak layak untuk dikonsumsi.
  Bahkan pernah kejadian di daerah bandung, jawa barat polisi menggrebek pabrik saos yang menggunakan bahan baku tidak layak konsumsi dan menggunakan zat kimia tambahan guna mempercantik tampilan dari saos tersebut. Banyak produsen liar yang lebih mementingkan keuntungan pribadi sehingga lebih banyak menggunakan bahan baku yang dilarang.
Dampak Mengkonsumsi Saos Tidak Higienis
1. Lemas.
2. Pusing.
3. Mual sesaat setelah mengkonsumsi saus tersebut.
  Dan apabila kita mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang panjang, bisa mengakibatkan gangguan kesehatan parah, misalnya saja kanker, radang tenggorokan, asma, gangguan pencernaan dan gangguan sistem saraf motorik.
Tips Memilih Saos Yang Aman
1. Lihatlah apakah produk terstandarisasi BPOM  dan DEPKES
2. Lihat komposisi bahan baku yang digunakan.
3. Perhatikan Aarnanya.
4. Perhatikan Aromanya.