Pengertian dan Jenis Rokok


Pengertian Rokok
   Rokok adalah silinder kertas yang panjangnya bervariasi tergantung dengan negara pembuatnya dengan memiliki diameter sebesar 10 mm yang berisi daun tembakau yang sudah dicacah. Menurut riset sendiri rokok dapat mengakibatkan ketergantungan bagi pamakainnya dan menimbulkan berbagai penyakit diantaranya adalah kanker, penyakit jantung, penyakit pernafasan serta efek buruk bagi kelahiran.
Jenis Rokok
  Rokok sendiri dibedakan atas beberapa jenis berdasarkan bahan pembungkus yang digunakan, bahan baku yang digunakan, proses pembuatan rokok serta jenis filter rokok yang digunakannya.
Rokok Berdasarkan Bahan Pembungkus :
    1. Klobot : bahan pembungkusnya adalah daun jagung
    2. Kawung : bahan pembungkusnya adalah daun aren
    3. Sigaret : bahan pembungkusnya adalah kertas
    4. Cerutu : bahan pembungkusnya adalah daun tembakau
Rokok Berdasarkan Bahan Bakunya :
1. Rokok Putih : bahan baku yang digunakannya adalah tembakau yang diberi saus agar mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
2. Rokok Kretek : bahan bakunya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus agar mendapatkan rasa dan aroma tertentu.
3. Rokok Klembak : bahan bakunya berupa daun tembakau, kemenyan dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
Rokok Berdasarkan Proses Pembuatannya :
1. Sigaret Kretek Tangan ( SKT ) : proses pembuatannya dengan cara digiling menggunakan tangan atau dibantu dengan alat yang sangat sederhana.
2. Sigaret Kretek Mesin ( SKM ) : proses pembuatannya dengan menggunakan mesin dimana material rokok dimasukan kedalam mesin rokok dan keluaran yang dihasilkannya berupa rokok batangan. mesin ini bisa menghasilkan keluaran enam sampai delapan ribu batang per menit.
Sigaret Kretek Mesin sendiri dibedakan kedalam dua bagian :
1. Sigaret Kretek Mesin Full Flavor ( SKM FF ) : pada saat proses pembuatannya ditambahkan dengan aroma yang khas. contoh : Djarum Super dll.
2. Sigaret Kretek Mesin Light Mild ( SKM LM ) : menggunakan kandungan tar dan nikotin dalam konsentrasi yang rendah dan jarang sekali menggunakan aroma khas pada rokok jenis ini. contohnya saja : Clas Mild, Star Mild dll.
Rokok Berdasarkan Penggunaan Filter :
1. Rokok Filter : pada bagian pangkal rokoknya menggunakan gabus.
2. Rokok NonFilter : pada bagian pangkal rokoknya tidak menggunakan gabus.