Hal Yang Harus Diperhatikan pada saat Membeli Makanan atau Minuman


    Makanan ataupun minuman merupakan kebutuhan pokok, namun terkadang pada saat kita membeli makanan atau minuman tersebut banyak hal yang kita lupakan. Terkadang pada saat kita membeli makana  ataupun minuman tersebut asal-asalan dalam artian kita tidak tahu bahan baku yang digunakan, kapan tanggal kadaluarsanya, ada label halal ataupun tidak. Disini saya akan membahas mengenai hal-hal yang harus kita perhatikan pada saat membeli makana atau minuman.
1. Tanggal Kadaluarsa
   Tanggal kadaluarsa ini perlu kita cek sebab bisa saja terjadi makanan yang kita konsumsi masa kadaluarsanya telah habis dan bisa membahayakan kita yang mengkonsumsinya. Jangan membeli apabila produk tersebut masa kadaluarsanya tinggal sebentar lagi. Lebih baik membeli produk yang masa kadaluarsanya masih panjang.
2. Sertifikat Halal
   Sertifikat halal sangat penting bagi kita yang beragama muslim, karena dengan adanya sertifikat tersebut sudah dipastikan halal untuk dikonsumsi dan tidak mengandung bahan baku yang tentunya diharamkan.
3. Tempat Membeli
   Jangan membeli makanan atau minuman ditempat yang tidak baik. Maksudnya ditempat yang dekat dengan tempat pembuangan sampah, ataupun yang mudah sekali makanan atau minuman tersebut terkontaminasi oleh bakteri atau sejenisnya yang bisa mempengaruhi mutu dari produk tersebut.
4. Kemasan atau Pembungkus
   Perhatikan juga kemasan atau pembungkus yang digunakan masih dalam keadaan baik atau tidak. Karena kalau terjadi kerusakan produk yang didalamnya kemungkinan juga mengalami kerusakan.
5. Warna
   Jangan membeli makanan atau minuman yang warnanya sangat mencolok dan bagi anda sangat menarik, kita perlu waspada karena bisa saja warna yang menarik dihasilkan dari penggunaan bahan tambahan pangan ( pewarna ) yang dilarang oleh pemerintah.
6. Kandungan Nutrisi
  Pada saat akan membeli makanan atau minuman telitilah kandungan nutrisinya. dan anda juga harus tau bahan apa saja yang digunakan. Terkadang suatu produk tertentu tidak mencantumkan kandungan nutrisi dari produk yang dijualnya padahal hal tersebut sangat penting bagi konsumen untuk dicantumkan.
7. Pengawet dan Pemanis
  Telitilah bahan pengawet atau pemanis yang digunakan, apakah hal tersebut menggunakan dosis yang seharusnya ataupun melebihi ambang batas yang telah ditentukan.