Efek Negatif Makanan Kemasan Untuk Kesehatan dan Macam-Macam Kemasan


Efek Negatif Makanan Kemasan Untuk Kesehatan
    Untuk waktu sekarang mungkin kebanyakan orang akan lebih memilih makanan yang praktis baik dari segi kemasan dan yang lainnya. Padahal dalam kemasan makanan terkadang memunculkan dampak negatif terhadap kesehatan, bahkan menurut penelitian kemasan makanan ada yang bisa mengakibatkan penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena adanya zat-zat kimia yang terdapat didalam bahan kemasan tersebut. Namun bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi makanan kemasan, akan tetapi lebih baik mengatur waktu untuk mengkonsumsinya karena bukankah mencegah akan lebih baik daripada mengobati.
    Berikut Beberapa Jenis Kemasan Makanan :
1. Plastik
  Kemasan plastik adalah kemasan yang umum digunakan saat ini karena kemudahannya dalam memproduksi kemasan plastik. Hingga pada akhirnya banyak sekali sampah plastik yang berserakan di TPS-TPS tiap daerah atau kota. Beberapa kemasan plastik berasal dari polyetilen polypropilen polyvinilchlorida yang apabila dibakar akan mengakibatkan dioksin yaitu suatu zat kimia yang beracun dan dapat mengakibatkan kanker serta mengurangi kekebalan tubuh seseorang.
2. Kertas
   Selain plastik, kertas juga sering digunakan sebagai bahan kemasan untuk mengemas makanan. Padahal ada beberapa kertas yang seharusnya tidak digunakan sebagai kemasan makanan apalagi kertas bekas atau kertas yang sudah ada coretan tinta. Karena tulisan yang terbuat dari tinta sendiri terdeteksi mengandung Pb atau timbal yang melebihi batas.
   Didalam tubuh manusia timbal akan masuk melalui sistem saluran pernafasan atau pencernaan menuju sistem peredaran darah dan menyebar ke berbagai jaringan lain didalam tubuh.
3. Kaleng
   Makanan yang dikemas dengan kaleng umumnya mengalami penurunan tingkat kesegaran dan nilai gizinya akan turun karena diakibatkan pemanasan suhu tinggi dalam prosesnya. Bahaya utama dalam kemasan kaleng ini timbulnya clostridium botulinum yang dapat menyebabkan keracunan botulinin. Apabila kita keracunan botulinin tanda-tandanya ialah tenggorokannya menjadi kaku, dan kejang-kejang yang membawa kematian karena sulit sekali untuk bernafas.
    Maka dari itu cermat-cermatlah dalam memilih makanan dalam kemasan kaleng agar terhindar dari berbagai bahaya kesehatan yang mengancam.
4. Gelas atau Kaca
    Untuk jenis kemasan gelas ini sangat aman. Akan tetapi rentan sekali pecah apabila suhunya terlalu panas meskipun ada kemasan yang tahan panas sampai suhu tertentu.