Cara Mengenali Makanan yang Mengandung Pewarna Tekstil


   Menyambung artikel yang saya buat sebelumnya mengenai bahaya makanan yang mengandung pewarna tekstil, kali ini saya akan membagikan bagaimana caranya agar kita bisa mengenali makanan yang menggunakan pewarna tekstil. Pewarna ini sering disalahgunakan hanya karena faktor keuntungan padahal sangat merugikan bagi konsumen yang mengkonsumsinya.

   Berikut adalah cara mengenali makanan yang mengandung pewarna tekstil dan senyawa yang sering digunakan dalam mewarnai makanan agar lebih menarik :
1. Rhodamin B
   Zat atau senyawa ini sering disalahgunakan pada produk kerupuk, agar-agar, manisan, sosis, sirup, minuman dan yang lainnya. Ciri-ciri pangan yang menggunakan pewarna tesktil jenis ini biasanya mempunyai warna yang lebih mengkilap, ada gumpalan warna pada produk dan apabila dikonsumsi rasanya sedikit lebih pahit.
2. Methanyl Yellow
    Zat atau senyawa ini sering disalahgunakan pada produk kerupuk, mie, tahu dan jajanan yang biasa dijajakan dipinggir jalan. Ciri-cirinya berwarna kuning mencolok dan berpendar. Selain itu terdapat titik-titik warna pada produk pangan yang diakibatkan pewarnaan yang tidak homogen.