Bahaya Mengkonsumsi Makanan yang Telah Memasuki Masa Kadaluarsa


  Tanggal kadaluarsa ialah tanggal yang biasa terdapat pada kemasan makanan ataupun minuman yang merupakan batas waktu makanan atau minuman untuk dikonsumsi yang masih dalam keadaan aman. Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM ), makanan dinyatakan mengalami kerusakan apabila telah terjadi perubahan-perubahan yang tidak diinginkan dari sifat asal makanan tersebut. Contohnya saja pada susu yang ditandai dengan adanya penggumpalan,pembentukan gas, tengik dan perubahan rasa. Bakteri juga dapat menjadi penyebab rusaknya makanan kaleng yang ditandai dengan bau busuk serta warna hitam ketika makanan tersebut dibuka.
   Bahaya makanan kadaluarsa bisa mengakibatkan kematian, jika tidak segera ditangani dengan baik. Oleh karena itu, akan lebih baik mencegah dari dini agar tidak terkena dampak makanan tidak sehat atau telah kadaluarsa.
  Selain pengawasan dari pemerintah sendiri, masyarakat sebagai konsumen juga harus lebih teliti dalam membeli. Apalagi pada saat bulan puasa sampai hari raya, banyak sekali toko-toko yang memberikan harga murah untuk produk makanan yang tanggal kadaluarsanya sudah mendekati batas akhir atau mungkin memang sudah melebihi batas waktu kadaluarsa yang bisa saja membahayakan konsumen yang mengkonsumsinya.
   Oleh karena itu karena dampaknya yang sangat berbahaya hingga dapat mengakibatkan kematian apabila mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa, kita harus lebih teliti dalam membeli produk makanan dan akan lebih baik lagi apabila membeli produk dengan masa kadaluarsa yang masih lama.