Apa itu Sianida ? Bagaimana Efeknya apabila Terkonsumsi Oleh Tubuh Kita ?


  Sianida ? Apa itu sianida ? Bagaimana efeknya apabila terkonsumsi oleh kita ? mungkin itu semua ada dalam pikiran kita, mengingat akhir-akhir ini sering sekali dibahas mengenai sianida baik di media cetak ataupun media elektronik lainnya.
  Sianida adalah suatu zat atau racun yang sangat berbahaya dan mematikan untuk tubuh kita apabila tidak sengaja terkonsumsi dan masuk kedalam tubuh. Sianida adalah zat kimia yang dapat dengan cepat bereaksi dan bisa menyebabkan kematian apabila dicampur dalam berbagai bentuk. Ciri dari sianida adalah zat yang dapat menjadi gas dan tidak berwarna. Sianida ini memiliki rasa pahit dan berbau namun tidak selalu mengeluarkan bau yang mengakibatkan semua orang tidak dapat mendeteksinya.
  Dimana Sianida dapat ditemukan ?
  Sianida dapat ditemukan dalam beberapa makanan dan tumbuhan, misalnya saja dalam singkong ataupun kacang almond. Sedangkan dalam biji-bijian terdapat dalam biji apel dan buah persik. Bagian dari tanaman tersebut dapat dimakan namun mengandung jumlah sianida yang sangat sedikit dari bahan kimia biasanya. Keracunan sianida tergantung pada dosis, rute paparan dan lamanya waktu yang diperlukan seseorang yang terkena zat kimia ini. Terkadang meskipun keracunan dalam dosis yang rendah bisa mengakibatkan kematian terhadap seseorang.
  Berikut Efek apabila terkena sianida :
Dalam dosis rendah :
1. Pusing
2. Sakit kepala
3. Denyut jantung cepat
4. Kegelisahan
5. Kelemahan
Dalam dosis besar :
1. Kejang
2. Hilang kesadaran
3. Darah Rendah
4. Gagal pernafasan yang menyebabkan kematian
5. Denyut jantung yang melemah