Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan


Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan
  Pangan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh setiap hari dalam jumlah tertentu sebagai sumber energi dan zat-zat gizi lainnya. Kekurangan ataupun kelebihan zat gizi dalam jangka waktu yang lama akan sangat berakibat terhadap kesehatan. Kebutuhan akan energi dan zat-zat gizi lainnya sangat bergantung kepada beberapa faktor diantaranya adalah berat badan, umur, jenis kelamin dan aktivitas fisik lainnya.
  Angka kecukupan gizi ( AKG ) ialah taraf konsumsi zat-zat gizi esensial yang berdasarkan terhadap pengetahuan ilmiah dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan hampir semua orang sehat. Angka kecukupan gizi berbeda dengan angka kebutuhan gizi. Dimana angka kebutuhan gizi adalah banyaknya zat-zat gizi minimal yang dibutuhkan oleh seseorang dalam mempertahankan status gizi adekuat.
  Angka Kecukupan Gizi ( AKG ) yang dianjurkan ialah berat badan untuk masing-masing kelompok umur, jenis kelamin, aktivitas fisik dan kondisi fisiologis tertentu seperti kehamilan dan menyusui. Didalam penggunaannya, apabila suatu kelompok penduduk yang dihadapi mempunyai rata-rata berat badan yang berbeda dengan patokan yang digunakan, maka hal tersebut perlu dilakukan penyesuaian. Namun apabila berat badan kelompok tersebut dinilai terlalu kurus, AKG dihitung berdasarkan pada berat badan idealnya. Karena AKG ini dianjurkan tidak digunakan kepada perseorangan.
Cara Memenuhi AKG
   Makanlah dengan menu sehari-hari yang terdiri atas bahan pangan yang bervariasi yang diperoleh dari berbagai macam bahan pangan.

Sumber : Sunita Almatsier, 2013, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.