Whey Protein

Asal usul Whey Protein ?
  Whey Protein ini berasal dari susu sapi yang diolah menjadi bubuk protein yang berkualitas tinggi. Susu sapi sendiri sebenarnya terdiri dari dua jenis protein yaitu kasein sekitar 80% dan whey protein sekitar 20% dari kandungan susu sapi tersebut. Whey protein ini lebih mudah larut apabila dibandingkan dengan kasein dan juga memiliki peringkat kualitas protein yang lebih tinggi.
  Cara pembuatan whey protein :
1. Susu sapi segar di-pasteurisasi
2. Protein Kasein dan bagian dari lemak susu dipisahkan untuk membuat keju.
3. Whey dalam bentuk yang cair dihasilkan dari proses keju difilter untuk memisahkannya dari laktosa dan bahan lain hingga menjadi whey protein coonsentrate.
4. Dimulai dari proses ini akan ada dua kemungkinan yaitu whey protein concentrate cair hingga dikeringkan dan menjadi bubuk.
5. Cairan whey protein lebih lanjut diproses dan dimurnikan sehingga menjadi whey protein dengan konsentrasi yang sangat tinggi hingga mencapai 90% dan disebut sebagai whey protein isolate.

Kandungan Whey Protein
  Whey protein banyak mengandung sekumpulan asam amino yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Asam amino itu sendiri terdiri dari asam amino esensial dan non esensial. Dimana asam amino non esensial adalah yang dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri seperti glutamin, prolin dan sistin. Sedangkan untuk asam amino esensial ialah suatu asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sehingga harus diperoleh dari makanan termasuk whey protein ini yang berfungsi untuk pembentukan otot kita.
  Dua asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan otot ialah glutamin,iso-leusin, leusin dan lisin ( BCAA ).
Jenis-jenis Whey Protein
1. Whey Protein Isolate
2. Whey Protein Concentrate
3. Kasein Protein
4. Gainer