Vitamin C


    Vitamin C atau yang sering disebut dengan asam askorbat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat vitamin C berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein yang penting untuk penyusun jaringan kulit, tulang, sendi dan yang lainnya. Kandungan vitamin C dapat ditemukan dibuah jeruk dan makanan lainnya.
    Beberapa penelitian menunjukan bahwa vitamin C dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat memproduksi bahan kimia tertentu didalam otak. Dengan tingginya kadar antioksidan pada vitamin C juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel yang ada didalam tubuh kita.
Dibawah ini adalah fungsi dan manfaat dari vitamin C :
1. Melawan Kanker
    Fungsi vitamin C adalah untuk melawan kanker. Beberapa wanita yang mengkonsumsi banyak vitamin C dari makanan seperti buah-buahan dapat memiliki resiko rendah terkena penyakit kanker payudara.
2. Memperbaiki Kulit
    Vitamin C banyak sekali mengandung kadar antioksidan yang dibutuhkan oleh kulit, dimana antioksidan itu sendiri berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari. 
3. Menurunkan Resiko Serangan Jantung
    Vitamin C sendiri dapat menghilangkan anterosklerosis yang berada didalam jantung. Anterosklerosis ialah suatu keadaan dimana arteri jantung menebal dan dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung sebab aliran darah menjadi tidak lancar/
4. Mengontrol Tekanan Darah
    Tekanan darah yang tinggi merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan akan menyebabkan kematian secara mendadak pada orang yang menderitanya. Dengan cara Mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang dianjurkan dapat mengontrol tekanan darah.
5. Mencegah Diabetes
    Vitamin C sendiri mampu untuk menurunkan kadar gula didalam tubuh dan juga dapat mencegah efek buruk dari diabetes pada yang menderitanya. Ganti cemilan manis dengan buah jeruk atau dengan sumber vitamin C yang lainnya.