Vitamin A


    Vitamin A adalah vitamin larut dalam lemak yang paling pertama ditemukan. Secara luas, vitamin A merupakan nama generik yang menyatakan terhadap semua retinoid dan provitamin A karotenoid yang mempunyai aktivitas biologik sebagai retinol. Selama ini, banyak dari kita yang hanya mengetahui vitamin A sebagai vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Namun selain itu, fungsi dari vitamin A ini sendiri sangatlah banyak.
    Retinol adalah suatu bentuk hewan vitamin A yang disimpan didalam hati setelah mengalami proses penyerapan dan akan digunakan oleh tubuh ketika tubuh membutuhkannya. Dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan suplemen, kita dapat memastikan bahwa asupan vitamin A didalam tubuh telah terpenuhi. Untuk rata-rata kebutuhan vitamin A setidaknya kita harus mengkonsumsi 900 mikrogram vitamin A per harinya dan tidak boleh lebih dari 3.000 mikrogram.
    Berikut adalah Fungsi dan Manfaat dari vitamin A :
1. Menghambat sel kanker payudara
    Berdasarkan kepada penelitian yang dilakukan ilmuwan amerika menyebutkan bahwa vitamin A ini dapat menghambat pertumbuhan kanker yang sering menyerang wanita khususnya adalah kanker payudara. Meskipun tidak secara langsung, akan tetapi bentuk turunannya berupa asam retinoat inilah yang akan menghambat pertumbuhan jaringan kanker tersebut.
2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh ( Imunitas )
    Vitamin A ini banyak mengandung retinil palmitat dan retinil asetat yang dapat mencegah terjadinya infeksi dari berbagai macam organisme kecil yang dapat merugikan tubuh. Contohnya saja seperti bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui makanan.
3. Mengoptimalkan Perkembangan Janin
    Vitamin A ini sangat penting sekali untuk ibu hamil. Karena sifatnya yang mudah larut dalam air dan lemak sehingga dibutuhkan untuk kesehatan jabang bayi. Contohnya saja membantu perkembangan mata, organ mata, untuk pertumbuhan tulang, untuk kesehatan kulitnya dan tentu saja membantu perkembangan jantungnya.
    Macam-macam dari Sumber Vitamin A yang dapat kita konsumsi :
1. Sereal
2. Umbi-umbian
3. Biji-bijian
4. Sayuran
5. Buah-buahan
6. Hewani