Sterilisasi dan Disinfeksi

Pengertian
    Sterilisasi adalah proses yang dilakukan untuk membunuh semua jasad renik atau mikroorganisme yang ada, sehingga apabila ditanam atau ditumbuhkan didalam suatu medium tidak akan ada lagi jasad renik yang dapat berkembang biak. Sterilisasi sendiri harus dapat membunuh jasad renik yang paling tahan terhadap panas yaitu spora bakteri. Dalam proses pengolahan pangan dikenal dengan istilah sterilisasi komersial yaitu suatu proses untuk membunuh semua jasad renik yang akan menyebabkan kebusukan terhadap makanan pada kondisi suhu penyimpanan yang telah ditetapkan.
    Makanan yang telah mengalami proses sterilisasi mungkin saja masih mengandung spora atau jasad renik yang tahan akan panas namun tidak akan bisa berkembang biak pada suhu penyimpanan normal
    Disinfeksi ialah suatu proses yang dilakukan untuk membunuh jasad renik yang sifatnya patogenik dengan cara kimia ataupun fisik. Semua disinfektan ini efektif terhadap sel vegetatif tetapi tidak selalu terhadap sporanya.
    Antiseptis sendiri ialah proses yang dilakukan untuk menginaktifkan jasad renik dengan cara kimia. Bahan antiseptik sendiri mungkin bersifat membunuh terhadap bakteri serta fungi.

Sumber :
( Srikandi Fardiaz , Mikrobiologi pangan 1 , 1992 )