Protein


Pengertian Protein
  Protein adalah bagian dari semua sel hidup dan merupakan bagian terbesar dari tubuh sesudah air. Seperlima bagian tubuh adalah protein yang setengahnya ada didalam otot, seperlima didalam tulang dan tulang rawan, sepersepuluh didalam kulit dan sisanya ada didalam jaringan lain dan cairan tubuh. Semua enzim, berbagai hormone, pengangkut zat-zat gizi dan darah, matriks intraseluler dan sebagainya adalah protein. Di samping itu asam amino yang membentuk protein bertindak sebagai precursor sebagai besar koenzim, hormone, asam nukleat dan molekul-molekul yang esensial untuk kehidupan.
  Protein mempunyai fungsi yang khas yang tidak dapat digantikan oleh zat lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel dan jaringan didalam tubuh.
Komposisi Kimia dan Klasifikasi
  Protein adalah molekul makro yang mempunyai berat molekul antara lima ribu hingga beberapa juta. Protein terdiri atas rantai-rantai panjang asam amino, yang terikat satu sama lain dalam ikatan peptide. Asam amino terdiri atas unsur-unsur karbon, hydrogen, oksigen, dan nitrogen. Beberapa asam amino disamping itu mengandung unsur-unsur fosfor, besi, sulfur, iodium dan kobalt. Unsur nitrogen adalah unsur utama protein, karena terdapat didalam semua protein akan tetapi tidak terdapat didalam karbohidrat dan lemak. Unsur nitrogen merupakan 16% dari berat protein.
  Molekul protein lebih kompleks dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak dalam hal berat molekul dan keanekaragaman unit-unit asam amino yang membentuknya. Berat molekul protein bisa mencapai puluhan juta. Ada dua puluh jenis asam amino yang diketahui sampai sekarang yang terdiri atas sembilan asam amino esensial ( asam amino yang tidak dapat dibuat tubuh dan harus di datangkan dari makanan ) dan sebelas asam amino non esensial.

Tabel Klasifikasi asam amino menurut Esensial dan Non Esensial
Asam Amino
Esensial
Non Esensial
Leusin
Alanin
Isoleusin
Asam Glutamat
Valin
Glutamin
Triptofan
Asam Aspartat
Fenilalanin
Aspargin
Metionin

Treonin
Lisin
Histidin

Sumber :
Sunita Almatsier , 2009 , Prinsip Dasar Ilmu Gizi , Gramedia Utama Pustaka Jakarta.