Pengertian Protein Hewani dan Nabati

Protein Hewani
    Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan. Salah satu fakta yang menarik adalah mereka semua mengandung asam amino essensial yang diperlukan bagi konsumen khususnya manusia. Karena protein hewani adalah satu set lengkap protein dengan asam amino essensial seperti itu, manusia menjadi omnivora yang dibenarkan dalam hal kebutuhan gizi mereka. Jumlah asam lemak jenuh yang tinggi dan terkandung dalam hewani ini membuat para ahli gizi merekomendasikan untuk tidak mengkonsumsi tinggi protein hewani. Oleh karena itu, semua orang harus menyadari bahwa masalah yang mungkin berkaitan dengan hidangan dari daging, meskipun diperkaya lengkap protein dalam hewani.

Protein Nabati
    Protein nabati ini berasal dari tanaman. Meskipun penelitian terbaru menyatakan bahwa tidak semua tanaman mengandung asam amino essensial yang dibutuhkan oleh manusia.
    Sebagian besar produk keluarga tanaman, seperti kacang dan kedelai yang banyak mengandung protein. Resiko peningkatan kolesterol karena pengaruh dari protein nabati jauh lebih sedikit dan bahkan hampir nol. Selain itu, beberapa penelitian lain membuktikan bahwa konsumsi protein kedelai ditempat protein hewani akan mengurangi kolesterol LDL secara signifikan, pengurangan ini hampir 13% dari LDL telah diamati melalui penggantian 50 gram daging dengan protein kedelai per hari.
    Satu-satunya masalah dengan sumber protein nabati ini ialah tidak semua protein yang terkandung didalam satu produk tetapi dalam banyak jenis tanaman. Oleh karenanya, banyak protein nabati harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asam amino essensial dalam makanan.