Mineral Makro dan Mineral Mikro

Mineral Makro
     Mineral makro adalah mineral yang utama yang terdapat didalam tubuh kita dan dibutuhkan untuk pembentukan dalam berbagai komponen organ yang terdapat didalam tubuh kita. Pada dasarnya mineral makro yang dibutuhkan oleh tubuh kita lebih dari 100 mg / harinya dan ada didalam tubuh kita lebih dari 0,01% dari berat badan kita. Berikut adalah contoh beberapa mineral makro :

1. Kalsium
    Kalsium adalah mineral makro yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita, dimana kalsium ini akan digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kita. Kalsium sendiri dapat ditemukan didalam buah dan sayuran. Contohnya saja kangkung, brokoli, daun pepaya dan bayam.
2. Fospor
    Fospor sendiri masuk kedalam jenis mineral yang sangat dibutuhkan juga oleh tubuh kita untuk perkembangan tulang dan gigi yang mana apabila kita kekurangan mineral ini akan menyebabkan otot terasa lebih lemah dan apabila kelebihan mineral ini akan mengalami pengerasan pada organ tubuh seperti ginjal.
3. Natrium
    Natrium sendiri adalah jenis mineral yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada didalam tubuh kita dan sekaligus mengatur dan menjaga tekanan osmotis agar cairan tidak keluar dari dalam darah dan masuk kedalam sel.
    Untuk perbedaan mineral makro dan mikro terletak pada seberapa besar jumlah mineral tersebut dibutuhkan oleh tubuh kita, dimana mineral makro dibutuhkan lebih banyak oleh tubuh kita bila dibandingkan dengan mineral mikro.

Mineral Mikro
    Mineral mikro adalah jeni mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh kita namun dalam kisaran jumlah yang kurang dari 0,01% berat tubuh dan hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kurang dari 100 mg / harinya. Berikut adalah contoh beberapa mineral mikro :
1. Kromium ( Cr )
    Kromium ini adalah jenis mineral yang hanya dibutuhkan dalam metabolisme karbohidrat dan lemak didalam tubuh kita.
2. Zat Besi ( Fe )
    Zat Besi sendiri merupakan mineral yang sangat berperan penting dalam pusat pengaturan molekul hemoglobin sel-sel darah merah, dimana hemoglobin itu sendiri berperan dan bertanggung jawab dalam pendistribusian oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh.
3.Yodium ( I )
    Sebagai salah satu jenis mineral mikro yang terpenting, yodium sendiri berfungsi untuk pertumbuhan normal, membakar kelebihan lemak tubuh dan menjaga kesehatan rambut, kulit, kuku dan gigi.