Khasiat dan Manfaat Telur bagi kesehatan tubuh

  Telur adalah gudangnya nutrisi penting , yang membuat telur merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Dan bagi anda yang takut untuk makan telur karena khawatir bahwa akan menambah berat badan Anda, maka sebaiknya Anda memang harus sangat membatasi makan telur. Karena satu butir telur mengandung sekitar 80 kalori, dan sekitar lima gram lemak . Meskipun telur terdiri sebagian besar dari lemak tak jenuh, namun tetap saja telur mengandung lemak jenuh. Satu butir telur mengandung 4 lemak tak jenuh, 2 lemak jenuh, dan 4-nya adalah senyawa lain.
  Satu butir telur sudah cukup bagi Anda setiap hari, karena sudah hampir memenuhi seluruh kebutuhan kalori yang disarankan perhari. Dan itu sehat, selama tidak menambah kalori dari sumber lainnya. Jika Anda bermasalah dengan kolesterol dan jantung, sebaiknya juga menghindari kebanyakan makan telur, khusus bagian kuningnya.
Khasiat dan Manfaat Telur
  Terlepas dari kandungan lemak dan kalori pada telur, ia juga mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan tubuh lainnya. Nurisi nutrisi tersebut bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh keseluruhan. Seperti apakah kandungan dan khasiatnya? berikut ulasannya:
Sumber tinggi protein
  Telur adalah sumber yang juga terkenal kaya protein, selain kalori dan lemak. Protein adalah blok pembangun penting dari tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Tubuh juga menggunakan Protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim, hormon dan zat kimia tubuh lainnya . Namun tidak seperti lemak dan karbohidrat, tubuh tidak dapat menyimpan protein. Artinya protein harus selalu didapatkan oleh tubuh setiap hari dari makanan, salah satunya adalah dari telur. Dengan demikian, telur bisa menjadi pengganti yang baik bagi yang sedang mengurangi karbohidrat untuk menurunkan berat badan berlebih .
Sumber vitamin penting
  Nutrisi penting lainnya yang berlimpah dalam telur putih adalah riboflavin atau Vitamin B2. Dan bagi yang ingin tahu apa manfaat dari nutrisi ini, Riboflavin merupakan vitamin larut air yang terlibat dalam proses metabolisme penting dalam tubuh,  dan sangat diperlukan untuk fungsi sel yang normal, pertumbuhan, dan produksi energi.
  Kuning telur yang umumnya sangat ditakuti akan kandungan lemaknya,  sebenarnya adalah makanan yang sangat sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang . Kuning telur mengandung 1,33 gram kolesterol per 100 gram,  dan merupakan sumber yang kaya vitamin A , vitamin B , kalsium, fosfor, lesitin dan zat besi . Zat besi yang ditemukan dalam kuning telur lebih mudah dicerna dan berasimilasi dalam tubuh. Menurut para ahli gizi, seseorang dapat makan satu butir telur setiap hari tanpa merugikan kadar kolesterol dan kadar lemak lainnya dalam tubuh. Akan tetapi bagi mereka yang ingin makan lebih banyak telur, Anda bisa mengurangi lemak dengan hanya makan lebih banyak putih telur.