Kapang


    Kapang ialah kelompok mikroba yang tergolong kedalam fungi dan ilmu yang mempelajari mengenai fungi disebut dengan mikologi. Selain kapang, organisme lain yang tergolong fungi dan penting dalam mikrobiologi pangan adalah khamir dan jamur.
    Sifat umum fungi :
1. Mempunyai inti sel
2. Memproduksi spora
3. Tidak punya klorofil sehingga tidak dapat melakukan proses fotosintesis.
4. Dapat berkembang biak dengan baik , baik secara seksual ataupun aseksual.
5. Beberapa fungi mempunyai bagian-bagian tubuh berbentuk filamen dengan dinding sel yang mengandung selulosa atau khitin atau bahkan mengandung keduanya.
    Perbedaan umum antara organisme yang tergolong fungi ini misalkan antara kapang dan khamir, kapang sendiri adalah fungi yang mempunyai filamen sedangkan khamir merupakan fungi sel tunggal tanpa adanya filamen. Beberapa fungi disebut fungi dimorfik karena ia bisa tumbuh dalam bentuk filamen seperti kapang, ataupun berbentuk sel tunggal seperti khamir.
    Kapang ialah fungi multiseluler yang mempunyai filamen dan pertumbuhannya dapat mudah dilihat dalam makanan karena pertumbuhannya yang serabut seperti kapas. Sistem reproduksi kapang terdiri dari dua macam yaitu reproduksi seksual dan aseksual. Dalam reproduksi seksual dimulai dari spora seksual dan kapang yang mempunyai spora seksual disebut kapang sempurna yaitu terdiri dari :
1. Oomycetes dan Zygomycetes ( nonseptat )
2. Ascomycetes dan Basidiomycetes ( septat )
sumber :
( Srikandi Fardiaz , Mikrobiologi pangan 1 , 1992 )