Kacang Hijau

     Kacang hijau di India dikenal sebagai choroko( dalam Bahasa Swahili ). Di Indonesia sebaran daerah yang memproduksi kacang hijau diantaranya adalah Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Pulau jawa merupakan penghasil utama kacang hijau di Indonesia, potensi lahan kering daerah tersebut yang sesuai ditanami kacang hijau sangat luas.
Dalam dunia tumbuhan tanaman ini diklasifikasikan sebagai berikut :
Kingdom         : Plantae
Divisi               : Spermathopyta
Sub Divisi       : Angiospermae
Kelas               : Dicotyledone
Ordo                : Rosales
Family             : Leguminosae ( Fabaceae )
Genus              : Vigna
Species        : Vigna Radiate atau Phaseolus radiates
         
     Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk kedalam polong-polongan ( fabaceae ) ini memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati yang tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legume, setelah kedelai dan kacang tanah.
     Tanaman kacang hijau berbatang tegak dengan ketinggian sangat bervariasi, antara 30-60 cm, tergantung varietasnya. Cabangnya menyamping pada bagian utama, berbentuk bulat dan berbulu. Warna batang dan cabangnya ada yang hijau dan ada yang ungu.