Cara Konsumsi Makanan Agar Terhindar dari Bahaya Pestisida

    Berikut ini saya jelaskan beberapa cara untuk menghindari buah dan makanan yang akan kita konsumsi dari residu pestisida yang jelas berbahaya untuk kesehatan :

1. Saat membeli menanyakan terlebih dahulu apakah sayur atau buah-buahan yang kita beli menggunakan pestisida ataupun tidak.
2. Memilih produk yang telah memiliki sertifikat, Karena produk yang telah memiliki sertifikat umumnya sudah menggunakan apa yang disebut dengan Good Agricultural Practises ( GAP ) atau cara budidaya yang baik dan benar. Artinya jikapun menggunakan pestisida dalam proses produksinya biasanya telah menggunakan prosedur yang aman.
3. Hindari membeli buah import dengan penampakan kulit yang mengkilat. Buah jenis ini biasanya dilapisi oleh parafin, sejenis lilin yang dapat menjaga kesegaran buah.
4. Menanam sendiri sayur ataupun buah-buahan yang biasa dikosumsi sendiri dipekarangan rumah.
5. Apabila akan mengkonsumsi buah, pilihlah buah yang kemungkinan kadar pestisidanya rendah seperti buah yang memiliki kulit yang tebal. Contohnya saja durian, alpukat dan sejenisnya. Sedangkan untuk sayuran bisa seperti sawi dan kubis. Dan akan lebih baik lagi apabila membuang terlebih dahulu beberapa helai daun di permukaannya.
6. Bercak putih pada sayuran ataupun buah-buahan kemungkinan besar itu adalah cairan atau semprotan pestisida yang sudah mengering. Hindari pembelian buah dan sayuran yang memiliki bercak putih pada permukaannya.