Model pembelajaran Inkuiri Bersiklus dari UIUC

Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Siklus

Kali ini kita akan mencoba membahas mengenai model pembelajaran inkuri bersiklus, walaupun sudah beberapa tulisan di blog ini yang membahas tentang pembelajaran berbasis inkuiri. Akan tetapi, kiranya model ini masih perlu diulas secara lebih ekstensif dan mendalam agar pemahaman kita semua mengenai pembelajaran berbasis inkuiri menjadi lebih baik dan dapat menerapkannya di kelas dengan lebih baik. Hal ini tentu sangat penting karena pada sekolah-sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 sangat membutuhkannya, terkait pembelajaran saintifik yang harus dilakukan yang mana sebenarnya merupakan bentuk dari pembelajaran inkuiri.
Pembelajaran inkuiri seringkali digambarkan sebagai sebuah spiral atau sebuah siklus (lingkaran berputar), karena memang inilah model pembelajaran berbasis inkuiri yang paling populer.
5 langkah umum pembelajaran inkuiri menurut UIUC


Sekedar mengulang, model pembelajaran inkuiri adalah sebuah strategi pembelajaran berorientasi proyek yang disandarkan pada teori konstruktivis dan pembelajaran sosial. Perlu ditekankan bahwa pembelajaran inkuiri bukan pembelajaran untuk sekedar mengingat fakta (hafalan) semata, tetapi lebih kepada pembelajaran yang meminta siswa untuk aktif memformulasikan pertanyaan-pertanyaan untuk kemudian melakukan penelusuran informasi dengan beragam cara untuk memperoleh jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Karena pembelajaran berbasis inkuiri dapat sangat kompleks, maka pembelajaran perlu dipersiapkan dengan matang oleh guru sehingga nantinya siswa akan memperoleh pengalaman belajar yang berkesan, menyenangkan, dan mereka benar-benar terlibat di dalam pembelajaran tersebut. Data atau informasi yang dikumpulkan siswa nantinya harus diolah sedemikian rupa sehingga menjadi pengetahuan baru yang bermakna bagi mereka.

Teruskan Membaca »