Cara Menggunakan Google Image Search untuk Blogger

Google Image Search atau Google Search by Image adalah mesin pencari google khusus untuk pencarian informasi melalui google dengan menggunakan gambar. Tool ini sangat bermanfaat untuk blogger, karena seringkali blogger menggunakan gambar yang tersedia di internet secara untuk konten blognya. Nah, dengan tool gratis dari google yang sudah menjadi salah satu mesin telusur google ini, blogger dapat menemukan informasi tentang gambar yang akan dipakainya tersebut, atau mencari gambar yang serupa dan mirip, dan beragam manfaat lainnya. Tulisan kali lebih difokuskan tentang bagaimana cara menggunakan google image search (pencarian gambar google).

Kami menyarankan untuk hasil terbaik pemanfaatan pencarian gambar melalui google (google image search) adalah dengan menggunakan browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer dan Safari. Baiklah sekarang marilah kita bahas cara menggunakan tool gratis google ini dan apa manfaatnya untuk blogger.

Cara Mencari Gambar yang Sama atau Mirip

Blogger seringkali sebelum memposting sebuah artikel mencari gambar terlebih dahulu untuk tambahan artikelnya tersebut. Gambar tentunya harus diambil dari situs penyedia gambar tanpa lisensi (creative commons 0.0), terutama ini untuk admin blog yang cuma sekedar menulis untuk hobby atau belum punya modal untuk membeli gambar berlisensi. Pinginnya yang gratisan saja tapi gambarnya tetap bagus. Hihi..hi... Oke lanjut ya. Nah, setelah ketemu gambar yang cocok, tidak ada salahnya sebelum memutuskan untuk mengambil gambar tersebut, kita mengecek kembali apakah gambar itu sudah banyak yang memakai untuk konten blognya atau belum. Tujuannya bisa sangat berbeda, misalnya pertama, seorang blogger yang tidak yakin apakah gambar tersebut benar-benar aman dan tidak melanggar hak cipta (copyright), maka akan mencari gambar yang telah banyak dipakai di blog lainnya. Atau tujuan kedua, si blogger justru ingin gambar yang akan digunakannya dan telah diyakininya aman dari pelanggaran hak cipta itu masih belum banyak digunakan di blog atau situs lain, bahkan belum ada yang memakai sehingga menjadikan gambar di konten blognya nanti lebih unik. Nah, adapun cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.
  • Masuk ke pencarian google di http://google.com
  • Masukkan kata kunci anda misalnya kita akan menggunakan kata kunci "kelapa".
  • Tekan ENTER pada keyboard untuk memulai pencarian.


  • mesin pencari google sangat ampuh, salah satunya untuk mencari gambar yang kita inginkan untuk disematkan ke dalam artikel blog
    contoh hasil pencarian oleh google

  • Setelah halaman hasil pencarian terbuka, perhatikan tab menu di bawah kotak pencarian, klik GAMBAR. Maka hasil penelusuran yang diberikan google melulu gambar yang berhubungan dengan kata kunci "kelapa".

Teruskan Membaca »