Cara Membuat Author di Wordpress Berbayar (Wordpress.org)

Fungsi dari sebuah Author baik di Wordpress, Blogspot atau blog lainnya adalah untuk lebih memperkenalkan penulis kepada pembaca suatu blog, sebuah pepatah terkenal "Tak Kenal Maka Tak Sayang" barangkali hal ini yang mendasar perlu dibuatnya sebuah kotak box author. Untuk Anda yang menjual produck di sebuah Blog fungsi dari Author juga untuk meningkatkan kepercayaan pembeli di toko online Anda.

Pada sebuah author biasanya terdapat sebuah foto profil link social media seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Google+ atau social media lainnya, fungsi social media di author box wordpress berbayar ini untuk memperkenalkan social media yang dimiliki oleh penulis atau social media dari blog itu sendiri.

Author pada wordpress dapat dibuat lebih dari satu, artinya author masing-masing penulis dapat ditampilkan tentunya berbeda-beda sesuai dengan profil penulisnya masing-masing. Anda tertarik untuk membuat author box di wordpress berbayar yang Anda miliki simak tutorialnya berikut ini.

Untuk demo lihat disini : DEMO AUTHOR. (demo ini menggunakan blog wordpress yang sudah jadi)

Langkah pertama untuk membuat autho adalah masuk ke menu wordpress berbayar kemudian pilih User, setelah Anda klik akan ada user pemilik blog yang otomatis sudah ada di dalam blog. Untuk mengedit profil author ini klik saja pada menu edit yang terdapat pada kolom author. 


Jika sudah masuk edit geser kursor kebawah, isikan semua data mulai dari nama, link facebook, twitter, Google+, juga website yang dimiliki. Untuk mengisi biodata singkat di kotak author isikan pada kolom kotak pada menu Biographical Info. Lihat pada gambar dibawah ini.


Jika semua data disikan silahkan klik menu Save yang ada pada menu paling bawah. Sampai disini author sudah jadi Anda bisa merefresh blog yang Anda pasang Author, namun foto profil di Author belum ada atau masih kosong. 

Untuk menampilkan foto profil di author Wordpress, caranya kita gunakan Gravatar, untuk membuat gavatar ini caranya simpel buka website Gravatar di www.gravatar.com, Jika Anda sudah menggunakan plugin Jetpack gunakan akun jetpack untuk membuat author. 

Gravatar sudah dibuat selanjutnya lakukan penambahan profil di gravatar, Profil gambar ini lah yang nantinya akan muncul di profil Wordpress.


Cari menu Tambah gambar selanjutnya upload gambar dari komputer, ukuran gambar nanti bisa di croop di menu croop di Garvatar, setelah gambar sesuai pilih menu rating gavatar G seperti pada gambar dibawah ini.


sampai disini proses pembuatan foto profil selesai namun foto belum akan muncul di blog Anda, untuk memunculkan foto profil author di wordpress Anda caranya ganti terlebih dahulu email di user wordpress Anda pada kolom Contact Info, E-mail (required). Email yang dimaksud disini adalah email yang Anda gunakan untuk mendaftar atau yang anda gunakan untuk membuat akun Gravatar. Biasanya email bawaan sebelum di ubah adalah email yang terdaftar pada saat instal wordpress di Softaculous.

Proses pembuatan author selesai, siahkan refresh blog yang Anda miliki. Untuk memunculkan profil penulis jika blog Anda memiliki penulis lebih dari satu caranya adalah pada menu Users klik saja Add New lakukan langkah sama persis seperti contoh diatas. Akhir kata selamat mencoba.