Cara Mengetahui Kualitas Blog

Apakah perlu mengetahui bagus dan tidak nya sebuah Blog, pertanyaan ini mungkin bagi sebagian orang tidaklah penting. Blogger atau sebutan untuk para pengguna blog yang menulis di blog hanya sekedar untuk menyampaikan pikiran dalam bentuk tulisan saja barangkali tidak terlalu memperdulikan bagus dan tidaknya blog yang dibuat. Namun pertanyaan yang sama jika di tunjukkan untuk blogger yang mencari uang dari blog atau yang biasa disebut Publiser tentu saja jawabannya sangat penting.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara mengetahui bagus tidaknya sebuah blog atau kualitas sebuag blog? jawaban mudahnya adalah dari banyak nya pengunjung yang masuk ke blog. Hampir semua blog dengan berbagai platfrom mulai dari blogspot, wordpress, tumbler memiliki fitur bawaan untuk mengetahui berapa trafik pengunjung yang masuk hari ini, kemarin, minggu ini, bulan ini, bahkan tahun ini. Fitur trafik pengunjung dari berbagai platfrom blog tentu saja berbeda-beda, ada yang sedetail wordpress namun ada juga yang kurang lengkap seperti blogspot. Selain dari fitur bawaan untuk melacak berapa jumlah pengunjung ke sebuah blog bisa menggunakan pihak ketiga seperti Histas yang sudah banyak diketahui oleh pengguna bloger.

Bagi Saya sendiri mengetahui kualitas sebuah blog sangat penting, ada banyak kegunaan namun saya akan menjabarkan beberapa alasan yang menurut Saya penting untuk para bloger lainnya. Sebagai penjual on line atau on line shop tentu saja tidak asal membuat blog atau website toko online, untuk dapat bersaing dengan toko on line lain mau tidak mau harus mengetahui persaingan dengan toko online lain yang sudah ada sebelummnya, dengan mengetahui kualitas toko online lainnya setidaknya kita akan tahu tingkat kesulitan atau persaingan di kata kunci sebuah toko online sebelum membuat toko online, lalu bagaimana cara mengetahui kualitas dari blog seseorang, berikut ini caranya.

Cara Manual
Masuk ke situs www.alexa.com, setelah itu Anda tinggal memasukkan URL target sebuah blog yang ingin Anda lihat, perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

selanjutnya pada kolom Browse Top Site or masukkan URL blog target selanjutnnya klik Find. Untuk contohnya akan saya gunakan blog saya sendiri yaitu kupastutorial.blogspot.com. Lihat hasil penelusuran dengan situs Alexa.com berkut ini.

Nilai Global Rank pada blog Saya (kupastutorial.blogspot.com) adalah 200,116. Global rank artinya peringkat blog secara mendunia, semakin kecil nilai globla rank sebuah blog menandakan semakin bagus kualitas sebuah blog. Biasanya nilai awal global rank ketika sebuah blog dibuat adalah 25.000.000. Untuk Rank indonesia secara otomatis akan menyesuaikan jenis blog yang Anda buat, dalam hal ini blog dibuat dalam bahas indonesia untuk market orang Indonesia jadi nilai rank Indonesia akan muncul secara otomatis, perlu diketahui tidak semua blog akan muncul nilai Rank Indonesia tergantung dari kualitas blog.


Untuk menu How engaged are visitors to kupastutorial.blogspot.com? pada menu Bounce Rate artinya seberapa lama pengunjung melihat atau aktif di dalam blog Anda, jika pengunjung datang hanya sebentar lalu pergi nilai presentasi bounce rate akan semakin kecil pula. Daily pageview per visitor maksudnya adalah setiap pengunjung mengklik berapa artikel perhari atau perkunjungannya, sementara untuk Daily Time on site adalah waktu yang dibutuhkan seorang pengunjung blog berada didalam blog Anda.

Geser kursor Alexa kebawah kemudian temukan Top Keyword from Search Engines, disini dijelaskan kata kunci apa saja yang masuk ke dalam blog tersebut, untuk versi alexa biasa bukan Pro hanya ditampilkan 5 kata kunci besar yang masuk saja. Pada menu Search Traffic dengan nilai 46.50% artinya keseluruhan pengujung yang datang dari search engine bukan dari backlink.


Untuk menu Upstream Sites adalah situs referensi yang masuk ke blog, referensi dari situs ini adalah situs-situs besar seperti google, facebok, twitter dan lain-lain. Untuk inforamsi lain seperti backlink dari sebuah blog Anda dapat mengseser menu alexa kebawah.

Cara Otomatis.
Sementara untuk cara mengetahui kualitas bog dengan cara otomatis dibutuhkan software khusus yang bernama SeoQuake. Anda dapat mendownload langsung sari situs resminya yaitu www.seoquake.com sesuaikan dengan browser yang Anda gunakan. Pada contoh kali ini saya gunakan pada crome.



Downlaod software Seoquake pada link yang bertuliskan instal seperti pada gambar diatas, selesai menginstal lihat pada pojok kanan atas Crome, software Seoquake akan muncul jika proses instal selesai. Aktifkan software Seoquake setelah aktif langkah berikutnya ada tinggal mengetik URL sebuah blog yang ingin Anda ketahui kualitasnya di crome, sebagai contoh saya gunakn blog kupas tutorial dan hasilnya seperti pada gambar dibawah ini


Lihat tepat dibawah URL blog ada kolom informasi dari Info, PR sampai ke Links,Saya jelaskan satu persatu mulai dari PR. Page Range atau biasa disingkat PR artinya nilai sebuah blog dengan peringkat 1 sampai 8, sebuah blog atau website bagus nilai PR nya adalag 8, jenis web ini contohnya adalah Facebook, Google. Jika sebuah blog memiliki PR 1 itu menamdakan kualtias blog sudah bagus, bagus disini tentu saja dilihat dari banyak faktor mulai dari trafik pengunjung, orisinilitas artikel, dan lain-lain.

Menu G yang menandakan Google yang bertulisakan I maksudnya adalah indek tulisan yang ada diblog tersebut sudah terindex sejumlah yang tertera di Seoquake, artinya adalah menunjukkan seberapa banyak artikel yang terdapat di blog tersebut.

Untuk L dan LD maksudnya adalah Link dan Link Direct artinya blog banyak dijadikan rujukan ke blog lain, atau di link kan oleh blog lain, nilai ini jika semakin besar maka secara otomatis kwalitas blog semakin baik pula.

Berbeser kekanan kemenu yang bertuliskan B warna coklat adalah Bing, sama seperti google bing adalah situs mesin pencari yang cukup ternama, artinya artikel sebuah blog sudah terindex di Bing sejumlah yang tertera di Seoquake. Bergeser ke menu Facebook dan Twitter adalah link social media yang masuk ke blog tersebut semakin tinggi nilainya artinya backlink dari social media blog trsebut cukup baik. Pada bagian terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah menu Rank, menu ini biasanya juga dipengaruhi oleh nilai trafik secara keseluruhan atau menandakan baik dan tidaknya sebuah blog.

Mengetahui  Persaingan Blog dari Kata Kunci sebelum membuat blog
Setelah mengetahui kualitas blog diatas baik manual maupun otomatis, berikut ini saya jelaskan cara mengetahui tingkat persaingan dalam sebuah kata kunci dimesin pencari Google. Seperti dijelaskan sebelumnya mengetahui tingkat persaingan kata kunci dimesin pencari merupakan faktor cukup penting untuk memulai dalam membuat sebuah blog. Seperti diketahui mesin pencari Google menghadirkan 10 situs dalam satu halaman dengan peringkat no 1 berada di bagian atas, sebagai contohnya adalah saya mencari kata kunci Mobil Remote Control di mesin pencari google didapatkan hasiil pencarian sebagai berikut.


Dengan software SEoquake yang saya instal di Mozilla kualitas blog pesaing untuk kata kunci "Mobil remote control" muncul dengan penjelasan mulai dari PR blog sampai Ranknya. Dari sana Anda sudah bisa menebak kekuatan sebuah blog untuk mengatur strategi SEO agar blog Anda bisa masuk di 10 pesar mesin pencari google atau yang lainnya.