Tips Menangani Keterlambatan Mengumpulkan Tugas

tips menangani keterlambatan mengumpulkan tugas
siswa anda sering terlambat mengumpulkan tugas?

Tips Menangani Keterlambatan Siswa Dalam Mengumpulkan Tugas

Pada kegiatan pembelajaran di kelas, guru seringkali memberikan tugas untuk dikerjakan oleh siswa. Tugas ini dapat bervariasi baik dalam hal pengerjaannya, apakah berkelompok atau individual. Tugas bisa juga bervariasi berdasarkan jenisnya, seperti PR (pekerjaan rumah), proyek, ataupun kegiatan eksperimen mandiri yang perlu dibuat laporannya, dan sebagainya. Salah satu masalah yang sering timbul dari tugas-tugas yang dikerjakan di rumah ini adalah adanya beberapa siswa atau kelompok siswa yang terlambat mengumpulkannya dari batas waktu yang telah ditentukan oleh guru. Bahkan, keterlambatan itu dapat terjadi berulang kali. Baik pada mata pelajaran yang sama untuk tugas yang berbeda, maupun untuk mata pelajaran dan guru yang berbeda.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan dalam memberikan tugas kepada siswa atau kelompok siswa beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab keterlambatan mereka dalam menyelesaikan dan mengumpulkannya kepada guru, seperti tingkat kesulitan tugas, perbedaan tingkat kemampuan setiap siswa, hingga waktu pengerjaan.

Berikut ini beberapa tips untuk menangani siswa atau kelompok siswa yang sering atau berkali-kali terlambat mengumpulkan tugas dari jadwal yang telah ditetapkan oleh guru sebagai batas akhir pengumpulannya. Mari kita simak.

Teruskan Membaca »