Tips Melaksanakan Proses Pembelajaran Efektif

tips melaksanakan proses pembelajaran efektif
tips melaksanakan proses pembelajaran efektif

Tips Melaksanakan Proses Pembelajaran Efektif


Ketika seorang guru melaksanakan proses pembelajaran di kelasnya, perlu diperhatikan beberapa hal yang akan mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan karena proses pembelajaran tanpa memperhatikan hal-hal ini akan menjadi kurang efektif. Ini tentu berdampak buruk pada pengajaran yang dilakukan guru dan juga belajar siswa. Keduanya dirugikan secara langsung, walaupun mungkin tanpa disadari. Bayangkan berapa banyak tenaga, pikiran, dan alokasi waktu yang terbuang? Bahkan tidak menutup kemungkinan akan adanya kerugian secara finansial, karena sebuah proses pembelajaran juga mempunyai cost yang harus dibayar. Beberapa hal yang dimaksud di sini adalah bagaimana guru melakukan presentasi materi ajar, bertanya, memberikan bantuan pada siswa, menyiapkan praktik, melakukan transisi pembelajaran, hingga memanajemen dan mendisiplinkan kelas.

Tulisan ini juga berkaitan erat dengan tulisan beberapa waktu yaitu tentang perencanaan pembelajaran meliputi: Penyusunan Rencana Pembelajaran, Apa Manfaat Perencanaan Pembelajaran?, dan Perlukah Memperbaiki Program Perencanaan Pembelajaran yang Telah Disusun?

Baiklah, untuk mengupas tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran ini, kita akan melakukannya dalam bentuk tips-tips singkat agar lebih mudah dicerna. Mari kita simak.

Teruskan Membaca »