Tips untuk Orang Tua: Siaran TV Tak Bermutu

Tips untuk Orang Tua: Siaran TV Tak Bermutu
dampingi anak anda saat nonton tv

Tips untuk Orang Tua: Siaran TV Tak Bermutu dan Perilaku Anak


Jaman sekarang memang jaman kejayaannya televisi. Lihatlah, hampir setiap anak tidak bisa lepas dari siaran tv. Nonton televisi menjadi kebutuhan buat mereka. Akan tetapi, awaskah kita akan program-program tv yang tidak mendidik, tetapi justru mempengaruhi secara negatif (baca: merusak) kepribadian mereka.

Paling parah, acara-acara berbentuk kekerasan, sinetron tak mendidik, hingga lawakan yang lebih mengedepankan pelecehan terhadap perempuan (menjual bagian-bagian tubuh pemainnya), hingga lawakan yang “tidak cerdas” lainnya justru digemari anak-anak kita. Ini sungguh memprihatinkan.

Salah seorang guru yang saya kenal pernah mengeluh bagaimana anak-anak didiknya bersikap di sekolah. Mereka terkesan meniru karakter-karakter di televisi macam di sinetron, mulai dari bertengkar mulut bahkan adu jotos hanya karena rebutan pacar. Ini mungkin bisa dikatakan peniruan yang amat parah. Akan tetapi sadarkah kita bahwa anak-anak juga meniru-niru bagaimana para bintang tv itu berbusana dan berbicara. Seringkali mereka asal meniru dan tidak pas dalam menempatkan diri.

Teruskan Membaca »