Cara Screenshot Blackberry Z10 Tanpa Aplikasi Tambahan

Bagi Anda pengguna BBM versi Android, iOS tentu sudah tidak asing lagi dengan Blackberry Z10, BBM Chanel sudah sering mengiklankan Z10 edisi Jakarta kurang lebih tiga bula yang lalu. Bagi Anda pengguna  Blackberry Z10 berikut kami berikan tutorial cara Screenshot atau Capture di Z10 tanpa aplikasi tambahan.

Edisi Blackberry terdahulu membutuhkan aplikasi tambahan untuk poses screenshot meskipun dalam proses screenshot tersebut tidak ada watermark. salah satu aplikasi yang tidak terdapat watermark untuk screenshot Blackbery adalah Screen Grabber. Untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan download dan instal di App world Blackerry. Untuk edisi Blackberry terbaru dengan OS BlackBerry 10.3 proses Screenshot sudah tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan yang harus di download terlebih dahulu.

Untuk proses Screenshot Blackberry Z10 Anda cukup menekan dua tombol fisik yang terdapat di seri Z10, dua tombol yang dimaksud di sini adalah tombol volume up atau naik dan tombol volume down atau turun. Kedua tombol tersebut terdapat di sisi kiri layar Blackberry Z10. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Untuk proses Screenshot Blackberry Z10 adalah sebagai berikut :
  1. Pilih objek gambar yang akan kita Screenshot atau capture
  2. Tekan tombol volume Up dan Volume Down secara bersamaan, tekan kurang lebih 1-2 detik tunggu hingga muncul suara hasil Capture
  3. Proses Screenshoot selesai
Gambar hasil Screenshot atau capture dari Blackberry Z10 ada di album Screenshot. Cari di Blackberry Z10 Anda menu Media, selanjutnya pilih Picture selanjutny apilih album Screenshoot.

Perbedaan yang mendasar dari Screenshot Blackberry  dengan Android ini adalah tidak terdapat kilatan di layar juga hasil gambar screenshot yang mengecil di layar. Jadi berhasil dan tidak nya hasil screenshot pada Blackberry Z10 hanya berdasarkan suara yang dihasilkan. Kita tunggu saja Blackberry menyempurnakan proses Screenshot ini agar sama atau mendekati Smartphone Android.