Cara Membuat Animasi Bergerak Part 2

Karena banyaknya pembaca blog kupas tutorial yang tertarik dengan cara membuat Animasi dalam bentuk GIF atau gambar animasi bergerak maka Kami memberikan beberapa contoh sampel Animasi lainnya yang di gunakan dalam membuat tutorial. 

Tutorial ini merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya yang dapat Anda lihat di sini. Dalam pembuatan tutorial ini masih menggunakan software yang sama yaitu Phosotshop CS 3 dan masih menggunakan cara yang sama. Namun hal terpenting di sini untuk di ketahui adalah jika animasi gambar di buat terlalu panjang (lihat gambar no 2 ) ada tips yang perlu di kertahui agar proses dalam membuat Animasi tidak membutuhkan kerja dua kali.

Gambar tutoial di bawah ini adalah Animasi dalam proses melakukan Screenshot dengan menggunakan Samsung Galaxy Ace 3. Turoial lain yang sejenis dapat di lihat di sini.

 

Untuk melakukan screenshot Samsung Galaxy Ace 3 dapat dilakukan dengan dua cara karena itulah kami menampilkan kedua cara tersebut. Untuk gambar pertama relatif mudah namun untuk gambar animasi kedua di atas proses membuatnya membutuhkan sebanyak 20 gambar dan sedikit perlu trik khusus karena menggabungkan gambar dalam jumlah yang banyak. 


Setelah semua gambar yang akan Anda buat animasi sudah siap pastikan Anda memberi label nama sesuai dengan urutan proses membuat tutorial. Pada gambar di atas saya beri nama setiap gambar dengan angka dari no 0-19. Dalam proses pembuatan animasi pastikan gambar di beri nama urut seperti A,b,c,d atau 1,2,3,4 hal ini penting karena Photoshop secara otomatis akan mengurutkan gambar.


Perhatikan kotak merah untuk no 0 dan no 19, jika mengacu pada gambar tutorial animasi kedua harusnya gambar no 19 berada di nomor urut 1 dan sebaliknya, bah hal inilah yang menjadi fokus tulisan ini karen adalam proses memasukkan gambar animasi di Photoshop gambar harus berurutan terbalik jadi pastikan gambar pertama dalam sebuah animasi di beri label nomor atau huruf terakhir. 

Selamat mencoba membuat tutorial gambar Animasi. Atau silakan lihat pada video tutorial di bawah ini untuk mempermudah dalam membuat gambar Animasi bergerak.