Aplikasi Android di PC atau Komputer

Android menurut wikipedia bahasa Indonesia adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, Sementara ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008. 

Seiring dengan perkembangannya OS Android tidak hanya dapat di nikmati di Smartphone atau Tablet kini Android dapat di nikmati di perangkat Komputer (Windows dan Mac) dengan software khusus yang di sebut dengan Bluestacks.

Bluestacks adalah aplikasi yang memungkinkan OS Android bisa di operasikan di Komputer berbasis Windows maupun Mac. Aplikasi Android berbasis Smartphone dan Tablet yang cukup kita kenal selama ini seperti BBM, WeChat, LINE, Google Now, Google Maps, Gmail, Youtube dll dapat di nikmati di Komputer Anda.

Berbeda dengan OS Android di Smartphone dan Tablet, Android di komputer memang sedikit berbeda hal ini dikarenakan Komputer tidak memiliki aplikasi penting pendukung seperti GPS yang umunya di gunakan di Android sebagai bagian dari beberapa aplikasi penting di Android seperti Google Maps. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa aplikasi Android yang umum digunakan di Aplikasi Android Smartphone dan Tablet dengan kekurangan dan kelebihannya. Untuk penjelasan tentang cara download dan instal Bluestacks dapat di cek di sini.


Aplikasi BBM
BBM versi komputer ini sama persis dengan BBM versi Smartphone atau Tablet, perbedaan yang cukup menonjol adalah pada cara menganti profil foto Display Picture atau DP dan mengirim foto ke kontak BBM kita. Perbedaan lainnya adalah untuk mengganti status BBM tidak bisa menyertakan emoticon. Untuk proses invite pin BB Anda dapat melakukan copy kemudian paste sebagaiman perintah yang sering dilakukan ketika mengetik di komputer.  Untuk tutorial cara menganti DP dan mengirim gambar di BBM PC lihat di sini.

Aplikasi WhatsApp 
Aplikasi messanger ini sudah di download lebih dari 17 juta pengguna smartphone dan Tablet Android.  Untuk versi Komputer / PC aplikasi ini memiliki kekurangan saat proses memverifikasi kode angka pada saat registrasi. Meskipun kode sudah berhasil di kirim kan ke nomor telephone namun untuk memverifikasi tidak ada tempatnya. Untuk menggunakan Aplikasi WhatsApp di PC kemungkinan harus di verifikasi terlebih dahulu dengan menggunakan smartphone atau tablet.

Aplikasi LINE
Line versi PC dapat berajalan seperti pada smartphone dan tablet, proses register dan verifikasi juga bisa dilakukan di komputer berbeda dengan aplikasi WhatsApp versi PC.

Aplikasi WeChat
Seperti di ketahui aplikasi buatan china ini menggunakan perangkat GPS yang di miliki oleh smartphone dan Tablet. Proses registrasi WeChat di PC sama dengan di smartphone dan tablet, untuk registrasi juga bisa dilakukan di PC. Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak bisa menjalankan menu People Nearby, Shake, Drift Bottle hal ini dikarenakan perangkat PC tidak memiliki perangkat pendukung yaitu GPS yang merupakan syarat untuk menjalankan tiga menu tersebut.

Aplikasi Google Maps
Aplikasi peta besutan google ini juga tidak bisa berjalan di Komputer, sama seperti WeChat aplikasi Google Maps di PC juga tidak di dukung GPS. Untuk prose pencarian lokasi masih bisa dilakukan namun hanya berupa tulisan bukan detail peta lokasi sebagaiman versi Smartphone dan Tablet.