Cara Screenshot Layar Monitor PC atau Laptop

Proses dalam melakukan Screenshot atau mengcapture layar monitor PC atau laptop dapat dilakukan dengan software tambahan ataupun dengan aplikasi bawaan dari windows. Mengunakan aplikasi atau software bawaan dari windows dalam melakukan Screenshot lebih simpel dan mudah tentunya karena kita tidak perlu repot mendownload terlebih dahulu software yang kita butuhkan. Bagaimana cara melakukannya, berikut kami berikan turorial lengkapnya.

Persiapkan objek yang akan kita ambil gambar Screenshot nya, jika sudah tekan pada keyboard pada tombol PrtSc Sys Rq  tombol ini biasanya berada di pojok kanan atas keyboard. Lihat gambar dibawah ini, cari tombol yang diberi warna merah. tulisan pada tombol ini bervariasi tergantung dari jenis pabrikan yang mengeluarkannya namun intinya sama saja.


Pada tutorial kali ini Kami mengambil menu home standby pada layar monitor, setelah Anda tekan tombol PrtSc Sys Rq selanjutnya tekan menu home pada windows cari menu paint, 


Setelah itu klik menu Paste pada menu Paint Anda. Gambar home standby layar monitor yang sudah kita pilih akan muncul. 



Setelah itu klik menu home pada Paint selanjutnya klik Save As. Simpan gambar dalam bentuk JPG, atau PNG atau file lain sesuai keinginan Anda.


Proses screenshot atau capture di layar monitor PC atau laptop selesai dan hasilnya adalah sebagai berikut