Cara Memasukkan Video Youtube Ke Dalam Postingan Blog

Dalam membuat sebuah tutorial di sebuah blog akan lebih mudah dipahami oleh pembaca jika di sertakan video tutorialnya. Bahkan mungkin hanya dengan melihat video sudah dapat memahami maksud dari tutorial tersebut namun sayangnya video youtube saat di akses dengan smartphone akan memakan bandwidh / kuota paket smartphone atau tablet. Tidak hanya itu akses video Youtube dengan provider kartu Indonesia memang agak sedikit lambat terutama jika mengkases video pada jam-jam sibuk atau siang hari.

Memasukkan atau memasang video Youtube ke dalam postingan blog perplatfom blogspot berbeda caranya dengan blog berplatform Wordpress dalam hal ini adalah wordpress gratisan atau wordpress.com. Pada tutorial kali ini akan kita bahas terlebih dahulu cara memasukkan video ke blog berplatform blogspot atau blogger, caranya adalah sebagai berikut :
Masuk ke Youtube, pilih video yang akan di masukkan ke blog, caranya buka / putar video tersebut. Link URL nya saat memutar video adalah http://www.youtube.com/watch?v=l1X...,

Cari menu yang bertuliskan Bagi / share, setelah Anda klik akan muncul tiga menu yaitu Bagi, Sematkan, email. Pilih menu Sematkan.

Selanjutkan pada kolom kotak terdapat kode scrip HTML, Copy kode tersebut. Contoh kode tersebut adalah seperti dibawah ini :

<iframe width="560" height="315" src="//www.youtube.com/embed/l1XK5gNmFWc" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Selanjutnya masuk ke blogspot, pada postingan blog pastekan kode tersebut, untuk paste kode pastikan di HTML bukan di compose. Postingan video sudah jadi untuk mengatur agar tampilan video rapi atau tepat ditengah tambahkan code <center> didepan kode HTML dan kode </center> dikahir kode HTML. Untuk tutorial memotong video yang sudah di upload di Youtube silahkan cek di sini.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya dibawah ini :