Tips Menghadapi Kritik Pedas

Tips Menghadapi Kritik Pedas


Pernah dikritik dengan pedas? Wah... pastinya kan? Bagaimana perasaan anda waktu itu? Sakit hati? Marah? Jengkel dan kesal dengan si pemberi kritik? Atau biasa saja? Setiap orang memang punya respon khas terhadap kritikan pedas. Tergantung pada kemampuan menata emosi dan kemampuan berpikir dewasa dan jernih. Kritik pedas yang ditunjukkan kepada anda mungkin ada benarnya, karena itu, bersiaplah selalu jika kritik pedas tiba-tiba terlontar kepada anda dari orang-orang di sekitar, di tempat kerja, atau bahkan oleh orang terdekat yang anda cintai.

Kritik itu walaupun lebih keras dibanding saran, pada dasarnya mirip saja. Hanya mungkin cara orang menyampaikan kepada anda yang berbeda. Oleh karena itu, ia sangat bermanfaat untuk membangun diri anda.

Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu anda memanajemen emosi dan menjadikan kritikan pedas yang terlontar kepada anda menjadi bermanfaat dan bukannya menjatuhkan anda. Mari kita simak:

tips menghadapi kritik pedas

Nikmati Kritik

Berkata memang mudah. Mungkin demikian respon anda ketika membaca kalimat pendek di atas: “nikmati kritik”. Eit... tapi ini benar dan serius. Anda harus belajar menikmati kritik. Pernah lihat publik figur yang dikritik media massa atau fans, atau masyarakat? Mereka justru tampak menikmatinya. Begitulah seharusnya anda. Memang para publik figur yang sering memicu kontroversi itu acap kali mendapatkan kritik pedas dari orang-orang. Tetapi mereka dapat menikmatinya sebagai bagian dari perjalanan karier dan kehidupan. Ayo, jika anda dikritik, bersikaplah seperti mereka itu, nikmati saja.

Teruskan Membaca »