Tips Mengatasi Kegugupan atau Nervous

Tips Mengatasi Kegugupan atau Nervous


Chika tampak gelisah. Sebentar lagi acara akan dimulai. Acara penting dalam kalender sekolah karena hanya diadakan setahun sekali: Acara Perpisahan Siswa Kelas IX. Ia diminta menjadi MC (Master of Ceremony) oleh beberapa orang guru. Awalnya ia amat senang karena penampilannya di atas panggung acara akan ditonton banyak orang. Ini Kesempatan yang bagus untuk tampil. Ia telah banyak berlatih. Tetapi kini saat acara akan dimulai, ia mulai nervous. Tangannya mulai berkeringat dan jantungnya mulai berdegup kencang. Duduk rasanya tidak nyaman dan beridiripun rasanya kurang enak. Gaun putihnya mulai terasa basah. Ia mulai menarik-narik ujung lengan gaunnya dan membuat gerakan-gerakan kaku yang tak wajar.

Pernah nervous juga? Pasti deh... saya yakin anda pernah mengalami kegugupan atau nervous. Mungkin karena anda bakal ketemuan sama si dia yang merupakan gebetan anda, atau bakal ketemu calon mertua, atau mau wawancara kerja, atau bakal naik panggung macam cerita pembuka di atas. Itu hal yang sangat wajar. Manusiawi banget.

Jika saat ini anda sedang nervous karena sesuatu hal, mungkin tips berikut dapat anda manfaatkan untuk mengurangi bahkan meredakan kegugupan atau perasaan nervous anda.

tips mengatasi gugup nervous

Tarik Napas Dalam Beberapa Kali

Seorang yang sedang nervous seringkali tanpa sadar menarik napas secara tak beraturan. Karena itu, ia dapat kekurangan oksigen dan menyebabkan otot-otot tubuhnya menjadi lebih tegang dari saat-saat normal. Ini tentu dapat menyebabkan perasaan menjadi semakin tak nyaman. Denyut jantung menjadi lebih cepat dan tak teratur. Untuk membantu meredakan ini dan menenangkan pikiran, tariklah napas dalam dan panjang beberapa kali. Biasanya dengan menarik napas panjang dan dalam degupan jantung dan rasa gugup akan sedikit mereda. Oh ya, jangan panik jika ini belum berhasil. Masih ada tips selanjutnya.

Teruskan Membaca »