Tips Melatih Puasa Untuk Anak

Tips Melatih Puasa Untuk Anak


Punya anak yang berumur 6 – 10 tahun? Sepertinya mereka sudah dapat diajak belajar berpuasa tuh. Apalagi Bulan Suci Ramadhan sudah diambang pintu. Saatnya berlatih sejak dini kan? Nah, beberapa tips berikut ini mungkin dapat dicoba pada saat melatih anak-anak anda dalam berpuasa.

Beri Pemahaman Bahwa Berpuasa Adalah Kewajiban Umat Muslim

Memberikan pemahaman bahwa ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan adalah suatu kewajiban bagi umat muslm sangat diperlukan. Biasanya hal ini cukup mudah dilakukan apalagi lingkungan keluarga dan tempat tinggal anda mayoritas juga beragama Islam. Suasana yang mendukung ini patut dimanfaatkan karena biasanya anak akan merasa penasaran dengan sendirinya ketika ia melihat aktivitas keagamaan yang lebih meningkat dari bulan-bulan lainnya, termasuk aktivitas kegamaan di rumah anda.

tips melatih mengajar anak berpuasa

Buatkan Menu Sahur yang Merupakan Menu Favorit Mereka

Kala anda membuat menu sahur, usahakan untuk memasukkan makanan-makanan favorit mereka sehingga mereka bersemangat untuk makan sahur. Jika anak makan dengan lahap, maka kemungkinan lambung mereka akan terisi cukup makanan untuk berpuasa. Menu makanan sebaiknya bervariasi, walaupun tentunya tidak harus mahal dan berlebih-lebihan.

Bagunkan Anak dengan Lembut

Membangunkan anak untuk bersahur bisa jadi tantangan tersendiri. Ini dikarenakan anak tentu tak terbiasa bangun dini hari. Walaupun demikian tetaplah berusaha membangunkan mereka dengan cara yang lembut dan ingatkan bahwa besok mereka harus berpuasa. Jika anak mulai terjaga, segera ajak mencuci muka dengan air dingin sehingga dapat mengusir kantuknya. Selain itu, jangan terlalu awal membangunkan anak. Bangunkan mereka setelah anda telah selesai menghidangkan semua makanan untuk santap sahur di meja makan.

Teruskan Membaca »