Tips Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Tips Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Implementasi Kurikulum 2013 di depan mata. Tinggal hitungan bulan. Suka tidak suka, yakin tidak yakin, mau tidak mau, ketika pemerintah telah menyatakan bahwa Kurikulum 2013 berlaku secara nasional di awal tahun pembelajaran mendatang (2014/2015), maka semua praktisi pendidikan di tingkat sekolah sudah harus melaksanakannya.

langkah model pembelajaran berbasis proyek
langkah model pembelajaran berbasis proyek
Dan.... ada sesuatu yang baru di dalam implementasi Kurikulum 2013 itu, yaitu penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) sebagai salah satu model pembelajaran utama di antara dua model lainnya (model pembelajaran penemuan atau discovery learning dan model pembelajaran berbasis masalah atau problem-based learning) yang disarankan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Khusus mengenai model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) memang pada kenyataannya masih sangat jarang digunakan oleh guru-guru kita dalam KBM (kegiatan pembelajaran) di kelas. Untuk itu, tentu para guru perlu mendalami model pembelajaran yang satu ini dengan baik. Pada tulisan kali ini saya ingin memberikan sedikit tips bagaimana agar pembelajaran berbasis proyek yang dikelola oleh guru dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan akan dapat dicapai.


Teruskan Membaca »