Tutorial Ajax : Dasar atau Pengenalan Ajax

Sahabat Blog Kumpulan Tutorial Website yang budiman, Pernahkah anda mendengar kata ajax dalam dunia pemrograman website ? saya harap anda semua sudah mengetahuinya, tapi buat yang belum tahu , jangan berkecil hati , karena disini saya akan mengulas mengenai apa sebenarnya ajax itu. Oke sudah siap ??? Let's Go to the TKP ...!!!


AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. AJAX, terdiri dari HTML, Javascript, DHTML dan DOM yang kemudian digabungkan dengan bahasa pemograman web di sisi server seperti PHP dan ASP, sehingga membentuk suatu aplikasi berbasis web yang interaktif.

AJAX bukanlah bahasa pemograman baru, tetapi adalah teknik baru untuk membuat aplikasi web lebih baik, lebih cepat dan lebih interaktif.

Dengan AJAX, Javascript dapat langsung berkomunikasi dengan server dengan menggunakan objek XMLHttpRequest. Dengan objek ini, javascript dapat melakukan transaksi data denga server web, tanpa harus me-reloading halaman web tersebut secara keseluruhan.

Contoh nyata Penggunaan ajax dapat kita lihat pada salah-satu situs jejariangan sosial yang cukup terkenal yaitu Twitter. Tentu anda semua tahu atau pernah menggunakannya kan ? , jika belum ,, segera bertobat ,, hehehe,. Pernahkah anda perhatikan twitt dari semua orang atau perusahaan yang kita follow otomatis tampil bertambah dan bergantian pada walk twitter kita ? sementara kita belum ada me-reload halaman browser kita, itu semua adalah kerjaan ajax ini. Dengan ajax , kita tidak perlu lagi mereload halaman browser kita jika dalam website kita ada data yang bertambah atau berubah.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat mengunduh tutorialnya pada link download dibawah ini. Tutorial ini dirangkum dalam sebuah file halaman PDF. Terimkasih


Load comments